oleh

Kelurahan Dowora Sukses Gelar Lomba Kebersihan Tingkat RT

-Daerah-241 views
Ketua RT 06 saat berjabat tangan dengan tim penilai.

PERS – TIDORE KEPULAUAN.

Kurang lebih tiga pekan melakukan kesiapan kebersihan lingkungan, akhirnya pada kamis beberapa hari lalu, Kelurahan Dowora, Kecamatan Tidore Timur, Kota Tidore Kepulauan sukses menggelar kegiatan perlombaan kebersihan tingkat RT. Kegiatan tersebut diikuti sebanyak 6 RT, diantaranya RT 01  RT 02, dan RT 03 yang berada di lingkungan Dowora, RT 04 dan RT 05 yang berada di lingkungan Akemam, serta RT 06 di lingkungan Doyado.

Keluar sebagai juara pertama lomba kebersihan dimenangkan RT 04 lingkungan Akemam dengan total hadiah 4 juta rupiah. Juara kedua diperoleh RT 01 dengan hadiah 3,5 juta, dan juara ketiga sebesar 3 juta dimenangkan RT 05. Sementara juara bersama diperoleh RT 02, 03, dan 06 dengan total hadiah masing-masing 2 juta rupiah. Selain lomba kebersihan, dilakukan juga perlombaan tarik tambang antar RT. Dan keluar sebagai juara pertama diperoleh RT 06 dengan total hadiah 1 juta.

Kepalah Keluarahan Dowora, Husain Abd. Rahim kepada Fakta Pers mengatakan bahwa, kegiatan yang dilakukan ini sebagai bagian dari menyongsong Bulan Bhakti Gotong Royong, sebab Kelurahan Dowora mewakili kegiatan gotong royong tingkat Kota pada bulan April. Selain itu juga, dilaksanakan dalam rangka menjalankan program kota sehat sekaligus melaksanakan persiapan kegiatan nasional berupa Hari Jadi Tidore ke-909.

“Dari kegiatan ini dapat merangkul masyarakat di lingkungan kelurahan Dowora, supaya kedepan masyarakat bisa sama – sama bergotong – royong membangun kelurahan. Disamping itu, dilakukan dalam rangka menyambut hari-hari besar, agar kelurahan ini tetap bersih dan sekaligus memperkuat persatuan Masyarakat.” Kata Husain Abd Rahim.

Lebih lanjut, menurut Husain, bahwa partisipasi masyarakat pada kegiatan ini sangat tinggi, itu dilihat dari kesiapan yang dilakukan oleh masyarakat di setiap RTnya masing-masing. “Alhamdulillah saya sangat bangga dengan partisipasi masyarakat pada kegiatan ini.” Katanya.

Sementara itu, untuk menghindari kecemburuan dan lain sebagainya pada kegiatan lomba kebersihan, didatangkan tim penilai dari Badan Pembangunan Masyarakat Desa (BPMD). Penilaian sendiri dibagai kedalam tiga bidang, masing-masing bidang Kemasyarakatan, bidang Administrasi, serta bidang lingkungan dengan indikator kategorinya berupa kebersihan, pemanfaatan halaman, penghijauan, serta toga.

Pada kesempatan itu, Husain berharap agar RT yang belum meraih juara supaya tidak berkecil hati serta tidak kecewa sehingga persaudaraan tetap terjaga, karena kedepannya tetap dilaksanakan kegiatan yang sama. ***

Istri Wakil Walikota Tidore Turut Memantau Kegiatan

Hj. Rahmawati Muhammad Sinen.

Dialah Hj. Rahmawati Muhammad Sinen istri Wakil Walikota Tidore Kepulauan yang juga selaku Wakil Ketua TP-PKK Kota Tidore Kepulauan turut hadir sekaligus memantau jalannya kegiatan penilaian lomba kebersihan antar RT di Kelurahan Dowora, Kecamatan Tidore Timur.

Kepada Fakta Pers, Rahmawati mengatakan bahwa intinya kegiatan seperti ini harus selalau dilakukan terutama pada momen-momen tertentu. Disamping itu tidak seharusnya masyarakat bekerja terus menerus sebab ada pekerjaan lain yang harus dilakukan oleh mereka. “Jadi, setidaknya dalam setahun setiap ada momen seperti hari-hari keagamaan, maupun Nasional itu harus dilaksanakan kegiatan seperti ini, karena kegiatan seperti ini dapat memperkuat budaya gotong royong ditengah-tengah masyarakat.” Kata Rahmawati.

Untuk itu, Rahmawati berharap kepada pemerintah agar lebih memperhatikan lagi kegiatan seperti ini. “Kedepannya pemerintah sudah harus memperhatikan semangat masyarakat yang berada di kelurahan untuk ikut berpartisipasi dalam mensukseskan kegiatan-kegiatan pemerintahan melalui hari-hari besar nasional maupun keagamaan.” Tambahnya. (ss)

Komentar

News Feed