oleh

Memperingati Hari Kartini, Puskesmas Kecamatan Sindang Jaya Sosialisasikan Bahaya Kanker Serviks

-Daerah-222 views

FAKTA PERS – KABUPATEN TANGERANG.

Dalam memperingati hari Kartiini yang jatuh pada 21 April 2017, Puskesmas Kecamatan Sindang Jaya beserta Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten tangerang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan serta organisasi yang peduli pada dunia kesehatan melakukan sosialisasi dampak dan cara mengatasi kankker serviks dengan mengambil tema “Jadilah Kartini Indonesia yang Peduli Deteksi Dini Kanker” Sabtu, (22/04).

Acara yang digelar di Aula Puskesmas Kecamatan Sindang Jaya ini dihadiri oleh dr. Shanti Lestrai, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Tigaraksa dr. Desriana Dinar Dianti, Kepala Dinas Kesehatan, Sekcam Sindang Jaya Drs. Karnadi, MSi, Kepala Puskesmas Sindang Jaya dr. Radaianti Bulan Tobing, Ketua TU PKM Sindang Jaya Asmah SKM.MKM, serta para kader-kader dan ibu-ibu PKK se-Kecamatan Sindang Jaya, serta para Bidan Desa.

Kepala Puskesmas Sindang Jaya dr. Radaianti Bulan Tobing dalam sela-sela acara kepada Fakta Pers mengatakan, “pendetiksian kanker serviks ini sangat penting untuk kita kenali lebih awal, dan mengetahui tanda-tanda gejala kanker serviks itu sendiri,”

“Apa itu kanker serviks ? hal ini yang sangat belum diketahui oleh masyrakat betapa bahayanya sebagai penyakit yang mematikan. Bila kita kenali terlebih dulu, kanker serviks adalah sebuah  penyakit yang menyerang pada daerah leher rahim, yaitu pada daerah organ reproduksi wanita yang merupaan pintu masuk ke arah rahim, letaknya antara rahim dan liang senggama wanita/vagina,“ ungkap Radianati.

Karena itulah dibutuhkan deteksi dini terhadap kanker serviks dengan melalui berbagai kegiatan atau sosialisasi atau dengan melalui pemeriksaan tes IVA atau yang kita kenal dengan Inveksi Visual Asam Asetat dan Pap Smear,” ujar Radianti.

Lanjut Radianti, ”pemerintah Indonesia yang diwakili oleh Ibu Negara Republik Indonesia telah menggalangkan untuk mencegah penyakit kanker serviks, serta mengenal sedini mungkin. Selain mudah untuk dikenali, masyarakat dapat mengecek penyakit mematikan ini di Puskesmas, bisa juga di dokter atau di bidan-bidan terdekat dengan biaya lebih murah,”

“Selain itu, Puskesmas sindang jaya juga mempunyai lima program unggulan dan inovasi, salah satunya adalah klinik JeLiTa. Klinik khusus pemeriksaan IVA dan CBE, Jelita itu sendiri merupakan sebuah singkatan dari je : jeli diteksi Li : Lihat dengan IVA Ta: Tangkis Kanker Serviks. Dengan adanya klinik Jelita semoga apa yang kita inginkan bisa mengurangi dan memberikan pengetahuan tentang bagaiman melakukan pencegahan dan pengobatan kanker serviks,” jelas Radianti.

Di tempat yang berbeda Karnadi, MSi selaku Sekcam Sindang Jaya berharap, “dengan sering dilaksanakannya sosialisasi tentang pencegahan kanker serviks ini, mudah-mudahan masyarakat bisa lebih mengenal dampak buruk dari penyakit yang sudah mendapatkan nomor dua sebagai penyakit yang mematikan dan berbahaya serta masyarakat bisa lebih mewaspadai gejala-gejala lebih dini,”

“Saya sangat berharap semoga masyarakat Kecamatan Sindang Jaya, khususnya para Bidan agar memeriksa dan memberikan pengetahuan kepada masyarakat untuk mewaspadai penyakit kanker serviks. Saya juga mengucapkan banyak-banyak terima kasih kepada masyarakat Sindang Jaya dalam mengikuti kegitan sosial ini. Semoga program-program Puskesmas Sindang Jaya bisa terealisasi dengan baik dan menyentuh masyarakat,” harapnya. (latip)

Komentar

News Feed