Minggu, Mei 16, 2021
BerandaPegiat Seni Kabupaten Malang Buka Kampung Seni
Array

Pegiat Seni Kabupaten Malang Buka Kampung Seni

Wakil Bupati Malang H. Sanusi didampingi Ketua DPRD Provinsi Jawa Timur Halim Iskandar dan Ketua Dewan Kesenian Kabupaten Malang Nur. M. Muchlas membuka Gebyar Kampung Seni dan Budaya.

FAKTA PERS – MALANG.

Tergusurnya sejumlah budaya seni di Indonesia pada umumnya, nampaknya tidak membuat gentar komunitas pegiat seni yang ada di Kabupaten Malang Jawa Timur untuk terus mengembangkan dan mempertahankannya.

Hal ini dibuktikan, di wilayah Desa Genengan, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang, Jawa Timur dibuka lahan yang secara keseluruhan dimanfaatkan sebagai kampung seni. Yang mana, didalamnya digelar mulai seni batik dan topeng malangan, selain itu seni tari tradisional juga digelar disini.

Wakil Bupati Malang, H. Sanusi mengatakan, bahwa kampung seni yang dibuka tersebut merupakan wujud apresiasi kecintaan seniman untuk mempertahankan budaya.

“Ini merupakan bukti, bahwa seni budaya di wilayah Kabupaten Malang masih berkembang pesat,” kata dia, Kamis (13/04/2017), saat pembukaan panggung seni di Kampung Seni Bonderland, Desa Genengan, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang.

Menurut Sanusi, dengan adanya kampung seni tersebut, secara otomatis juga menarik angka kujungan wisatawan, baik lokal maupun manca negara. “Saya berharap, kunjungan wisatawan meningkat. Yang jelas, kampung seni ini sangat menunjang pariwisata,” tandas dia.

Secara terpisah, Ketua DPRD Provinsi Jawa Timur Abdul Halim Iskandar, mengakui, bahwa selama ini seni budaya di Indonesia sudah tergerus oleh jaman.

“Untuk mengembangkan seni dan budaya itu merupakan tantangan yang tidak mudah,” ucap dia.

Halim menegaskan, bahwa pegiat seni dan budaya di wilayah Kabupaten Malang ini sangat pantas diapresiasi. “Saya nitip kepada anggota dewan provinsi Jawa Timur daerah pemilihan Malang untuk merawat dan menjaga seni budaya di Kabupaten Malang,” pungkas dia. (Putut)

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments