Kamis, Mei 6, 2021
BerandaPemkot Tikep dan MHB Berdamai, Kisruh Tugulufa Sah Selesai
Array

Pemkot Tikep dan MHB Berdamai, Kisruh Tugulufa Sah Selesai

FAKTA PERS – TIDORE KEPULAUAN

Pemandangan menarik mewarnai akhir upacara puncak perayaan Hari Jadi Tidore (HJT) ke-909 yang dilaksanakan di Sonyine Salaka Kadato Kie Kesultanan Tidore pada Rabu (12/4) pagi.

Pasalnya, dalam acara itu diisi dengan kegiatan  penyerahan aset timbunan tanah pantai Tugulufa secara simbolis, yang diserahkan Muhammad Hasan Bay (MHB) kepada Pemerintah Kota Tidore Kepulauan (Pemkot Tikep) lewat penandatangan sejumlah berita acara antara MHB dan Walikota Tidore, Capt. H. Ali Ibrahim.

Kegiatan disaksikan langsung Sultan Tidore Hi. Husain Syah, Mantan Walikota Tikep Achmad Mahifa, Kapolres Kota Tidore Kepulauan. Bahkan disaksikan juga 4 kepala daerah, tokoh adat dari 4 kesultanan Moloku Kie Raha, Forkompinda Tikep, serta para tamu lain yang hadir dalam upacara tersebut.

Suasana akrab dan penuh keharmonisan yang diperlihatkan MHB dan Pemkot Tikep, membuat para hadirin bersorak gembira. Tak sampai disitu, moment itu juga diabadikan lewat foto bersama seusai penandatangan dokumen. Hal itu tentu semakin menyakinkan bahwa kisru lahan timbunan Pantai Tugulufa antara MHB dan Pemkot Tikep telah usai.

Bahkan, Walikota dalam sambutannya mengatakan, berterima kasih kepada MHB karena telah bersama membantu pemerintah dalam membangun daerah ini. “Beliau itu (MHB) merupakan salah satu putra daerah terbaik, untuk itu Pemerintah Kota Tidore Kepulauan sangat mengharapkan bantuan beliau agar bersama membangun Tidore ke depan yang lebih baik lagi,” kata Ali Ibrahim.

Walikota juga mengajak kepada seluruh elemen masyarakat utamanya putra Tidore yang memiliki posisi strategis di luar Tidore, maupun di dalam Tidore agar dapat bersatu dan bergandeng tangan guna bersama-sama memajukan kota tidore kepulauan menjadi lebih baik lagi.

“Polemik ini telah berakhir, mari kita bersatu untuk membangun kota Tidore kepuluan menjadi lebih baik,” ajak Ali Ibrahim.

Sebelumnya, kisruh MHB dan Pemkot Tidore soal lahan reklamasi di sekitaran Pantai Tugulufa Kelurahan Tuguwaji Kota Tidore Kepulauan dengan luas sekitar 125 x 45 m2 yang pernah ditimbun oleh MHB dengan menghabiskan anggaran pribadi milik MHB sebesar 3 miliar pada masa kepemimpinan Achmad Mahifa itu, dilanjutkan pembangunannya oleh Pemkot Tikep dengan membuat Ruang Terbuka Publik atau Bioskop Outdor dipersoalkan pihak MHB.

Pasalnya, pembangunan yang dilakukan diatas timbunan miliknya itu, oleh pemkot Tikep tanpa melakukan koordinasi dengan MHB. Bahkan kisruh lokasi arel timbunan tersebut, berujung pemalangan yang terjadi pada Sabtu 1 April 2017 oleh sekelompok orang dari pihak MHB.

Namun tak berjalan lama, kedua belah pihak dilakukan mediasi oleh Kapolres Tikep, AKBP Azhari Juanda S.I.K. Dari hasil mediasi itu, akhirnya pihak MHB mengikhlaskan lahan tersebut untuk pembangunan daerah. Apalagi dalam silaturahim, Pemkot Tikep telah menyampaikan permohonan maaf atas permasalahan yang terjadi. (ss)

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments