oleh

Ribuan Aparatur Perangkat Desa Ramaikan Gelaran “Seba Nagri”

-Daerah-253 views

FAKTA PERS – JAKARTA.

Ribuan aparatur perangkat desa se-Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat meramaikan kegiatan “Seba Nagri”, Rabu (26/4) di kompleks Setda Kabupaten Purwakarta. Gelaran Seba Nagri atau memberi kepada Negeri adalah bentuk ungkapan syukur atas hasil pertanian dan ekonomi di daerahnya masing-masing.

Salah satu perangkat desa yang ikut acara, Kartiwa (34) mengungkapkan kegiatan ini sudah dipersiapkan sejak kemarin, pembuatan dongdang wadah yang dihiasi untuk membawa hasil bumi.

“Kami membuat dongdang sejak kemarin, singkong, sayuran dan lainnya tadi pagi subuh-subuh dipetik. Saat matahari terbit, kami sudah tiba dipendopo untuk kegiatan Seba Nagri,” ujarnya.

Sementara menurut Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi makna “Seba Nagri” merupakan rutinitas tahunan yang sudah turun temurun dilakukan oleh masyarakat terdahulu, dimana seluruh hasil bumi dibawa masyarakat dan mendistribusikan kepada masyarakat lain yang membutuhkan.

“Seba Nagri, tradisi tahunan. Beginilah masyarakat desa selalu silih seba, saling anteuran dan saling mengantar rezeki diantara mereka,” jelasnya.

Ia mengaku tidak khawatir bila ada sebagian pihak menganggap acara ini sebagai gratifikasi massal. “Silahkan, kalau mau diaudit. Tidak mungkin kan saya makan semua, karena tujuan acara ini memberikan kebahagian bagi mereka yang tidak mampu,” pungkasnya.

(rom)

Komentar

News Feed