Rabu, Juni 16, 2021
BerandaSalah Gunakan Anggaran, Kades Klepu Dibui
Array

Salah Gunakan Anggaran, Kades Klepu Dibui

 

FAKTA PERS – MALANG.

Kepala Desa Klepu, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Malang, Slamet dijebloskan ke penjara gara-gara kasus pemalsuan tanda tangan salah satu aparatnya, yang pada akhirnya menyalahgunakan anggaran Dana Desa (DD), pada Rabu (12/4/2017) sekira pukul 15.00 WIB.

Slamet dikirim Kejaksaan Negeri Kabupaten Malang ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Lowokwaru Kota Malang, Jawa Timur.

Kepala Seksi Pidana Khusus Kejaksaan Negeri Kabupaten Malang, Suseno SH. MH, selaku penyidik mengatakan bahwa yang bersangkutan koperatif saat diperiksa.

“Yang bersangkutan (red, Slamet) diperiksa sekitar 3 jam, dan selama pemeriksaan juga sikapnya koperatif,” katanya, Kamis (13/04/2017) sore, saat ditemui di ruang kerjanya.

Menurut Suseno, sejak pagi dalam proses pemeriksaan, Slamet menyadari kesalahannya sampai pada akhirnya ditetapkan sebagai tersangka, kemudian pukul 15.00 sore dikirim ke lapas. Sementara, hasil audit menyebutkan kerugian pemerintah sebesar Rp 180 juta akibat tindakan Slamet.

Dari hasil pemeriksaan, Slamet melakukan modus pemalsuan tanda tangan dalam pertanggungjawaban kegiatan. Sedangkan untuk saat ini, pihaknya masih melakukan proses menyempurnakan berkas.

“Akibat perbuatannya, yang bersangkutan dikenakan Pasal 2 Jo. UU no. 31 Tahun 1999 dan UU no. 20 Tahun 2001, tentang tindak pidana korupsi maksimal 20 tahun kurungan penjara dan seumur hidup,” pungkas dia.

(Putut)

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments