Sabtu, Mei 8, 2021
BerandaSeorang Petani di Tidore Temukan Piring Kuno Berukuran Raksasa
Array

Seorang Petani di Tidore Temukan Piring Kuno Berukuran Raksasa

FAKTA PERS – TIDORE KEPULAUAN.

Sebuah piring kuno ditemukan seorang petani, sebut saja Salim warga Kelurahan Rum, Kecamatan Tidore Utara pada Jumat (31/3) siang sekira pukul 02.00 WIT.

Penemuan piring tersebut tanpa sengaja dilakukan Salim saat hendak membersihkan rerumputan di kebun miliknya yang tidak jauh dari Tanjung Konde di PLTU Rum Tikep.

Saat itu, menurut Salim, bahwa ketika ia hendak memotong rumput dengan goloknya, tak sengaja ujung piring  terkena golok miliknya. Tanpa ragu, dirinya kemudian menggali tanah sebab kondisi piring yang ditemukan itu dalam keadaan tertimbun tanah.

Setelah diangkat, Salim kemudian memanggil kedua temannya yang kebetulan juga sedang berkebun di dekat kebun miliknya. Saat itu juga, mereka kemudian mencoba mengairi tanah yang menimbun piring tersebut, namun sekitar 5 menit lebih, air itu lalu mengering dan berminyak. Mengetahui keunikan dari temuan tersebut, piring itu lalu di bawah pulang ke kerumah.

Piring Kuno, yang diduga peninggalan Bangsa Spanyol.

Penasaran dengan piring yang ditemukan Salim, warga kemudian berkumpul dan menontonnya. Bahkan salah seorang warga yang datang untuk melihat keunikan piring tersebut, hendak menawarkan untuk dibeli dengan harga yang mahal, tapi Salim enggan menjualnya.

Salim juga menambahkan, piring yang didapat dengan kondisi tertimbun itu diduga masih ada yang lain, karena piring yang didapat tidak terlalu dalam tertimbun tanah.

Dengan ukurannya yang cukup besar, serta memiliki berat sekitar 15 kg, kemungkinan piring tersebut bukan digunakan untuk tempat makan. Tetapi dibuat menaruh lauk atau buah-buahan, ataupun hidangan lainnya.
Piring kuno yang memiliki corak berwarna hijau polos ini, diduga kuat berusia pada massa zaman penjajahan Spanyol yang datang ke Tidore. (ss)

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments