oleh

Taksi Online Diizinkan Beroperasi di Kota Malang

-Daerah-240 views

FAKTA PERS – KOTA MALANG.

Kemelut beroperasinya angkutan konvensional dengan angkutan online nampaknya bakal surut, ini terbukti, beroperasinya angkutan online bukannya tanpa syarat. Namun, harus memenuhi beberapa ketentuan, termasuk besaran tarifnya.

Dalam hal ini, sejak 1 April 2017, angkutan online atau taksi berbasis online oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jawa Timur diputuskan untuk beroperasi di Jawa Timur, termasuk salah satunya di Kota Malang.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Malang, Kusnadi mengatakan batas bawah tarif taksi online ditentukan sebesar Rp 3.450 per kilometer. Sedangkan untuk taksi konvensional per kilometer Rp 4.600. “Batas atas bagi taksi online mekanismenya ditentukan oleh pasarnya sendiri,” katanya, Senin (03/04/2017).

Diterangkan olehnya, untuk persyaratan itu meliputi Uji KIR, izin perusahaan angkutan khusus, hingga izin trayek. Sehingga, persaingan sehat dapat terjadi, sedangkan jumlah armada, akan ditentukan oleh Dishub Provinsi.

Sementara, pihaknya sudah mengusulkan jumlah yang sesuai dengan perhitungan Dishub Kota Malang.
Kusnadi menegaskan, pihaknya berharap agar pelaku yang bergerak dalam bidang taksi online dapat segera memenuhi persyaratan yang ditetapkan. Karena, semua peraturan yang diberlakukan sudah menjadi keputusan.

“Apabila, masih ada driver taksi online yang melanggar peraturan, maka akan dikenakan sanksi sebagaimana ketentuan yang berlaku. Dan, taksi online pun diberi kesempatan selama tiga bulan ke depan untuk memenuhi persyaratannya itu. Ini sudah keputusan dari Dinas Perhubungan Jawa Timur, jadi, harus dipatuhi,” pungkas dia. (Putut Priyono)

Komentar

News Feed