Jumat, Oktober 22, 2021
BerandaWalikota Tikep dan Deputi BPO Kemenpora RI Hadiri Festival dan Bazar di...
Array

Walikota Tikep dan Deputi BPO Kemenpora RI Hadiri Festival dan Bazar di Gurabunga

Walikota Ali Ibrahim (kanan) bersama Bersama Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora RI, Raden Isnanta (tengah) dan Sekretaris Daerah, Thamrin Fabanyo (kiri) saat meninjau Kuliner.

FAKTA PERS – TIDORE KEPULAUAN.

Walikota Tidore Kepulauan, Capt. H. Ali Ibrahim, MH Bersama Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga RI, Raden Isnanta menghadiri kegiatan Festival dan Bazar Guruabanga di Lapangan Sonine Gurua, Kelurahan Gurabunga, Sabtu (8/4) malam.

Festival dan Bazar Guruabanga merupakan perayaan masyarakat pegunungan untuk mengekspresikan kegembiraan dan sukacita sebagai ungkapan syukur menyambut datangnya Hari Jadi Tidore (HJT) ke – 909 Tahun 2017.

Kegiatan ini, diadakan penjamuan bagi tamu yang datang dengan suguhan kuliner tradisional khas pegunungan. Adapun atraksi-atraksi seni dan budaya yang ditampilkan oleh masyarakat pegunungan.

Dalam sambutannya, Walikota Ali Ibrahim mengatakan kegiatan ini mempunyai nilai sejarah yang paling bermakna. Dimana pada masa lampau akses jalan yang sulit bagi nenek moyang kita untuk menjangkau laut, inilah makanan khas pegunungan yang disuguhkan.

”Ini tidak bisa ditinggalkan, ini harus terus dilestarikan. Makanan tradisional pegunungan ini harus tetap dipertahankan guna membangkitkan kembali budaya dan kearifan lokal di Kota Tidore Kepulauan,” ujarnya.

Ali Ibrahim mengatakan bahwa ini merupakan langkah awal, diharapkan agar kedepan kegiatan Festival dan Bazar ini masuk dalam rangkaian HJT untuk tahun depan dan seterusnya. Kegiatan seperti ini tetap dilestarikan guna mengimbangi perkembangan global saat ini.

”Ini kita jaga untuk mengimbangi perkembangan global, kuliner seperti ini juga akan kita suguhkan untuk menjamu tamu-tamu pemerintahan,” tuturnya.

Walikota pada kesempatan itu berharap agar Tidore dapat menjadi kawasan pariwisata yang dikenal hingga ke luar daerah dan luar negeri.

Pada kesempatan tersebut, para pemenang lomba menulis blog tentang Tidore di Jakarta juga turut ambil bagian pada kegiatan Festival dan Bazar Guruabanga. Para bloger yang baru pertama kali menginjakan kaki di Tidore ini mengaku senang bisa datang dan melihat langsung pelaksanaan rangkaian kegiatan dalam rangka menyambut HJT ke 909.

Walikota Ali Ibrahim bersama Bersama Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga RI, Raden Isnanta dan Sekretaris Daerah, Thamrin Fabanyo pada kesempatan tersebut meninjau sekaligus mencicipi kuliner tradisional khas pegunungan yang disajikan oleh ibu-ibu PKK Kelurahan Gurabunga.

Turut hadir Wakil Ketua TP PKK Kota Tidore, Rahmawati Muhammad Senin, Ketua Dharma Wanita Kota Tidore Hj. Salma Thamrin, Para Pimpinan SKPD, Tokoh Adat, serta masyarakat Gurabunga. (SS/Hms)

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments