Kamis, April 15, 2021
Beranda41 Siswa SMAN II Purwakarta Lolos Masuk PTN
Array

41 Siswa SMAN II Purwakarta Lolos Masuk PTN

FAKTA PERS – PURWAKARTA.

SMAN II Purwakarta Jawa Barat meluluskan 449 siswa untuk tahun ajaran 2016/2017, yang terdiri dari 281 jurusan IPA dan 168 jurusan IPS. Dari 449 yang dinyatakan lulus, 41 siswa lolos melanjutkan pendidikan ke jenjang Perguruan Tinggi Negeri (PTN)  melalui SNMPTN. Dimana, 3 siswa diantaranya lolos ke fakultas kedokteran Universitas Pajajaran Bandung.

Kepala sekolah SMAN II Purwakarta, Hj. Reni Nuraeni, S.Pd mengatakan Output dari alumni SMAN II diharapkan bisa memberikan kontribusi yang bermanfaat di tengah masyarakat, sekaligus membawa dan menjaga nama baik almamater.

“Mudah-mudahan siswa yang masuk melalui jalur SNMPTN, tetap bisa berkualitas sekaligus membawa misi, karena kedepan rekruitmen ke PTN melaui jalur undangan tergantung dari kualitas siswa yang diterima. Jika kualitasnya bagus, otomatis akan banyak siswa-siswa SMAN II Purwakarta pada tahun berikutnya yang akan terakomodir di jalur undangan,” terang Hj. Reni.

Ia menambahkan meningkatnya siswa SMAN II yang masuk PTN tahun 2017 sebanyak 41 orang, dari sebelumnya hanya 26 siswa ditahun 2016, ditentukan berbagai faktor

“Faktor utama adalah tim yang solid, yakni kualitas pengajar, staff sekolah, pengelolaan yang baik dan faktor penunjang lainnya. Tak kalah penting, peningkatan kualitas kemampuan kompetensi siswa itu sendiri dan dukungan dari orangtua siswa serta program sekolah,” ujarnya.

Ia juga menyinggung operasional sekolah. Menurutnya, pihak sekolah mendapatkan bantuan peningkatan infrastruktur sekolah dari Pemkab Purwakarta.

“Untuk biaya operasional sekolah yang bersumber dari dana BOS, untuk saat ini belum bisa direalisasikan karena sudah lima bulan dari Januari hingga Mei 2017 belum juga cair,” jelasnya.

Tersendatnya dana BOS ini, sambung dia, menjadi kendala bagi sekolah. “Prinsip kami, meskipun Dana BOS belum cair tapi operasional sekolah harus tetap berjalan,” kata Kepsek disela-sela acara pelepasan siswa kelas XII angkatan 36 di lapangan sekolah SMAN II Purwakarta, Senin (8/5).

Dalam kesempatan yang sama, Lembaga Pendidikan dan Pengembangan Profesi Indonesia (LP3i) memberikan beasiswa bagi 10 siswa yang berprestasi senilai Rp. 200 juta.

Education Consultan LP3i, Muhammad Farhan menjelaskan siswa terbaik SMAN II Purwakarta yang lulus tahun 2017 akan mendapatkan beasiswa sebesar Rp. 200 juta dari LP3i.

“Sistem pemberian beasiswa akan diberikan bagi 20 siswa yang terbaik berdasarkan penilaian yang dipilih oleh guru BK,” ujar Farhan.

Pemberian beasiswa tersebut, lanjut dia, bagi siswa SMAN II yang berminat kuliah di LP3i. “Kami akan berikan Rp. 10 juta per siswa untuk 2 tahun bagi siswa yang berminat melanjutkan pendidikan di LP3i. Namun bagi siswa yang kuliah di lembaga pendidikan lain, subsidi tersebut tidak berlaku,” terangnya.

Menurutnya, hingga saat ini, LP3i sudah memberikan biaya subsidi beserta support bingkisan kepada lima sekolah di Purwakarta.

“Tak cukup sampai disini, kedepannya kami juga akan berkunjung ke sekolah lain untuk memberikan support yang sama dalam kegiatan perpisahan/pelepasan siswa kelas XII,” pungkas Farhan.

(rom)

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments