oleh

BPD Desa Fritu Konsultasi Perdes Bersama AMAN

-Daerah-264 views

FAKTA PERS – HALMAHERA TENGAH.

Badan Permusyawaratan Desa (BPD) desa Fritu lakukan konsultasi Peraturan Desa (PERDES) Ke Masyarakat Fritu Kecamatan Weda Utara Kabupaten Halmahera Tengah, Senin (8/5) malam.

Dalam konsultasi tersebut, BPD dibantu Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) Maluku Utara melakukan penyusunan draf rancangan peraturan daerah guna disepakati bersama.

Menurut Ketua BPD Risal Kore kepada Fakta Pers, bahwa konsultasi bersama AMAN tersebut sebagai bagian untuk turut serta melibatkan masyarakat dalam proses pembentukan sebuah peraturan desa. “Jadi Perdes ini bukan cuman BPD tetapi Masyarakat juga dilibatkan,” katanya.

Ia menambahkan pembentukan perdes ini sebagai tujuan untuk memanilisir ancaman dari luar yang akan merusak hutan adat. Disamping itu juga ini dilakukan untuk melindungi sumber daya alam yang ada di desa Fritu.

Risal Kore juga menambahkan, penyusunan draf yang dilakukan itu telah melalui berbagai tahapan seperti pemetaan wilayah adat, tata ruang wilayah adat sampai pada identifikasi flora dan fauna yang ada di desa Fritu.

Sementara itu, Sekertaris desa Fritu Sion Hago, berharap kepada Masyarakat agar Perdes yang disahkan nanti dapat ditatai. “Saya berharap masyarakat taat pada Perdes Ini,” katanya. (Abd. Rahim)

Komentar

News Feed