Sabtu, Mei 8, 2021
BerandaDua Kabupaten di NTT Dijadikan Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu
Array

Dua Kabupaten di NTT Dijadikan Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu

FAKTA PERS – NTT.

Dua Kabupaten di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dijadikan Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT) sesuai program Nawacita yang misinya adalah membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah dan desa.

Direktur Produksi dan Usaha Direktorat Jenderal (Dirjen) Pengelolaan Ruang Laut Kementerian Kelautan dan Perikanan, Ir. Umi Windriani, MM, Kamis (25/5/2017) menjelaskan, penetapan SKPT telah dilaksanakan konsultasi teknis bersama para pejabat terkait yakni penyusunan masterplan di dua Kabupaten di NTT.

“Ini sebagai acuan pembangunan SKPT di dua Kabupaten di NTT yakni Kabupaten Sumba Timur dan Rote Ndao,” jelas Umi.

Menurut Umi, salah satu program SKPT di dua Kabupaten Sumba Timur dan Rote Ndao ini adalah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi lokal dan pendapatan masyarakat serta pemenuhan konsumsi ikan untuk ketahan pangan serta peningkatan eksport hasil perikanan.

“Jadi sebelum program ini berjalan, kami akan menyusun masterplannya dulu sebagai acuan pembangunan nantinya dengan fokus lokasi perencanaan untuk perikanan tangkap dan PPI yang nanti akan dibangun di dua Kabupaten di NTT,” katanya.

Dia menambahkan, masterplan juga sebagai acuan penyusunan AMDAL sebagai kegiatan aktivitas pada masterplan yang perlu diperhatikan untuk penyempurnaan KA ANDAL yang secara paralel disusun secara baik dan benar.

“Kami berharap dengan program ini dapat dikembangkan dengan baik sesuai masterplan, bila ada masukan atau ide kami akan menanggapinya sehingga kita dapat bersinergi, namun bukan itu saja kita pun berharap agar program ini menjadi sentra bisnis yang akan berintegrasi dengan swasta nantinya,” harapnya.

(M. Habibudin)

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments