Rabu, Mei 12, 2021
BerandaHadiri Workshop Nasional KNPI, Gubernur Malut: Pemuda Harus Kerja, Pemuda Jangan Mengemis...
Array

Hadiri Workshop Nasional KNPI, Gubernur Malut: Pemuda Harus Kerja, Pemuda Jangan Mengemis ke Orang Lain

FAKTA PERS – TERNATE.

Gubernur Maluku Utara, KH. Abdul Ghani Kasuba saat menghadiri kegiatan Workshop Nasional dengan tema “Tambang untuk rakyat, tambang untuk kesejahtraan” yang dilaksanakan oleh DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Provinsi Maluku Utara pada Rabu (10/5) di Grand Dafam Hotel, Ternate mengatakan bahwa, kita harus kerja dan kerja, bukan mengemis di orang lain. Karena daerah kita ini subur dan kaya akan sumber daya alam maka di wajibkan kita harus sejahtera.

Untuk itu, Abdul Ghani Kasuba, mengajak KNPI Malut harus bersatu, walaupun sumber daya manusia kita masih kurang, tapi kita jangan berhenti sampai disini. Sebab daerah ini membutuhkan pemuda untuk mensukseskan Pembagunan di Maluku Utara.

Lebih lanjut, Abdul Ghani mengatakan, selama menjabat sebagai Gubernur, banyak sekali masalah yang menyangkut dengan Perusahan. Bahkan dalam setiap pertemuan dengan perusahan dirinya selalu menyampaikan soal tenaga kerja dan pendidikan yang harus di prioritaskan.

“Untuk tenaga kerja harus ada pelatihan. Sedangkan pendidikan umum, ada 2 (dua) Negara yang siap membiayai, yakni, Negara China dan Negara Turki. Dimana menawarkan 2.300 Beasiswa di Maluku Utara. Bahkan, ada perusahan di Obi juga menyediakan bahasa Mandarin,” kata Gubernur.

Sementara itu, Ketua KNPI DPD Maluku Utara, Ikih Sukardi Husen mengatakan bahwa, hadirnya Pertambangan di Maluku Utara selalu berbua masalah. “Jadi kegiatan Workshop ini untuk menjawab stikma diatas. Banyak Perusahan yang ada di Maluku Utara, semua Kabupaten Kota Itu Ada. Ini menjadi tugas bersama kita bagaimana kita mengawasi dan mengontrol perusahan yang ada, tidak semua Perusahan itu buruk,” katanya.

Untuk itu, Ia berharap pemerintah Propinsi dan Kabupaten juga intens mengawasi Perusahan di masing-masing wilayah. Kami juga dari KNPI siap bekerja sama dengan pihak manapun baik itu Pemerintah, Perusahan, ataupun Swasta. “Apabila itu baik, kami KNPI ada bidang pertambangan dan investigasi yang akan mengawal,” tuturnya.

Di tempat yang sama, Ketua Panitia kegiatan yang juga menjabat sebagai Ketua Bidang Pertambangan, DPD KNPI Maluku Utara, Arfandi Iskandar Alam kepada Fakta Pers mengatakan bahwa workshop Nasional ini diharapkan mampu menjadi media edukatif, transformasi dan aspirasi masyarakat Maluku Utara.

Menurutnya, kegiatan ini juga untuk mensosialisasikan keberadaan pembangunan pabrik Nikel sebagai suatu keharusan dan sebagai wadah peningkatan tenaga kerja lokal.

Hadir sebagai Pemeteri Dirjen ESDM RI, Dir. ANTAM, Dir. NHM, PERHAPI MALUT, Dir. Harita, dan Kadis ESDM Malut. (Abd. Rahim)

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments