Senin, Agustus 2, 2021
BerandaKembangkan Kawasan Cabai di Purwakarta, 17 Poktan Mendapat Bantuan Kementan
Array

Kembangkan Kawasan Cabai di Purwakarta, 17 Poktan Mendapat Bantuan Kementan

FAKTA PERS – PURWAKARTA.

Sebanyak 17 Kelompok Tani (Poktan) yang tersebar di 17 Desa di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, mendapat bantuan sarana produksi pengembangan kawasan cabai dengan luas lahan 34 Hektar cabai besar/keriting ditambah 1 Hektar cabai besar dalam polibag.

Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Pemkab Purwakarta, Ir. H. Agus Suherlan mengatakan tahun 2017 ini, Purwakarta mendapat bantuan dari Kementan untuk sarana produksi pengembangan kawasan cabai seluas 34 Hektar.

“Bantuan tersebut tersebar di 17 desa kecamatan Kiarapedes, Wanayasa, Bojong dan Darangdan. 17 kelompok tani akan mengelola kawasan cabai seluas 34 Ha, komponen bantuan yang didapat berupa benih, pupuk, pestisida, hand sprayer dan plastik mulsa,” jelasnya.

Ia menambahkan bantuan ini merupakan tugas pembantuan Provinsi Jawa barat, Pemkab hanya diberi tugas sebagai PPK saja.

“PA dan KPA nya oleh Dinas Provinsi Jabar, termasuk anggarannya juga di Pemprov Jabar. Anggarannya tidak masuk ke kas daerah Pemkab, meskipun proses pengadaannya dilakukan oleh kelompok kerja unit layanan pengadaan Kabupaten Purwakarta,” terang Agus di kantornya, Rabu (3/5).

“Dengan pengembagan kawasan budidaya dan peningkatan komoditas cabai di Purwakarta diharapkan dapat menjaga ketersediaan dan pasokan untuk stabilitas harga serta meningkatkan produksi komoditas unggulan hortikultura. Sehingga terwujudnya ketahanan pangan dan kedaulatan pangan, melalui sistem pertanian industri yang berkelanjutan guna meningkatkan kesejahteraan petani,” tutupnya.

Komponen bantuan dari Dirjen Holtikultura Kementerian Pertanian, berupa pengadaan benih cabai 16 pak/Ha, pestisida, pupuk organik dan anorganik, plastik mulsa 12 roll/Ha dan hand sprayer 1 unit/Ha. Diketahui, alokasi anggaran yang bersumber dari APBN sebesar Rp. 30 juta per Hektar.

(rom)

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments