Senin, September 27, 2021
BerandaMenjadi Destinasi Favorit Wisatawan, Pemkab Halmahera Timur Berkomitmen Menjaga Kealamian Pulau Plun
Array

Menjadi Destinasi Favorit Wisatawan, Pemkab Halmahera Timur Berkomitmen Menjaga Kealamian Pulau Plun

FAKTA PERS – HALMAHERA.

Pemerintah Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) akan terus menjaga dan melindungi Pulau Plun atau Pulau Tengah yang merupakan salah satu perpaduan destinasi wisata alam dan bahari yang berada di Kecamatan Maba Utara dengan nuansa alamnya yang masih alami. Hal itu dilakukan karena pulau tersebut sekarang ini tengah dikelola pihak swasta yakni Edwin Sugianto.

Kepala Badan Pertanahan dan Lingkungan Hidup (BPLH) Haltim, Harjon Gafur saat ditemui belum lama ini mengatakan, dari 10 pulau destinasi wisata satu diantaranya terdapat Pulau Plum atau Pulau Plun (pulau tengah) yang memiliki destinasi wisata paling indah untuk dikunjungi seperti hamparan pasir putih, taman laut yang alami, serta berbagai hewan endemik.

“Jadi destinasi wisata di Pulau Plun ini sangat menarik dan indah, sehingga harus betul-betul dilindungi agar kealamian dari pulau ini tetap terjaga. Apalagi, kemarin pulau ini sempat menjadi target wisatawan ke Haltim saat gerhana matahari 2015 lalu,” kata Harjon Gafur.

Harjon menambahkan, saat ini Pulau Plun dikelola oleh swasta, namun pihaknya telah mengingatkan agar dalam pengelolaan potensi wisata Pulau Plun ini tidak merusak lingkungan. Pihaknya meminta sisi kealamiannya dari Pulau tersebut tetap terjaga.

Disamping itu, ia juga menambahkan akan melakukan pembahasan lahan di Pulau Plun, mengingat pulau tersebut terdapat lahan masyarakat. “Kami juga akan mencoba melakukan pembahasan lahan dengan dilakukannya pengukuran sehingga bisa di identifikasi agar dapat disesuaikan dengan kemampuan anggaran. Sebab ada juga lahan masyarakat,” katanya.

Diketahui, Pulau Plun merupakan salah satu pulau yang sangat indah dengan pesona alamnya. Hamparan pasir putih yang halus membuat pulau ini semakin indah dipandang mata dan menjadi incaran para wisatawan. Belum lagi pesona taman bawah lautnya, dimana menghadirkan keanekaragaman hayati dan terumbu karang yang begitu indah sehingga layak menjadi daftar wajib penyuka diving dan snorkeling  bagi pengunjung yang datang ke Pulau Plun.

Selain itu, pulau yang diperkirakan luasnya mencapai 19,27 hektar ini memiliki berbagai jenis hewan endemik berupa Kepiting Kenari dan Burung Maleo.

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke pulau ini aksesnya sangat mudah yaitu dapat menggunakan speedboat dengan jarak tempuh 60 menit dari Buli dengan merogoh kocek sebesar Rp 100 ribu hingga Rp 150 ribu, atau bisa juga melalui Ibukota Maba Pura dengan waktu tempuh kurang lebih 30 menit dengan budget Rp 50 ribu hingga 100 ribu. Sementara, bagi Anda yang ingin menginap, tidak perlu hawatir. Sebab ditempat ini telah disediakan home stay atau penginapan.

(Abd.Rahim)

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments