Minggu, Mei 9, 2021
BerandaMenkop UKM RI Resmikan Pusat Produksi Pakan Ternak KAN Jabung
Array

Menkop UKM RI Resmikan Pusat Produksi Pakan Ternak KAN Jabung

FAKTA PERS – MALANG.

Dilihat dari letak geografis Kabupaten Malang Jawa Timur, wilayah ini selain dikelilingi gunung dan hamparan pantai, ternyata masyarakatnya untuk mencukupi kebutuhannya berasal dari pertanian dan sebagian besar dari peternakan sapi.

Dalam hal ini, untuk wilayah peternakan sebagian besar di wilayah Kecamatan Pujon, Ngantang, dan Jabung. Untuk itu, dalam menampung produksi hasil ternak susu sapi, di wilayah Kecamatan Jabung telah didirikan Koperasi Argo Niaga (KAN), yang saat ini mendirikan Pusat Produksi Pakan Ternak untuk peternak sapi.

Dikatakan Ketua I KAN Jabung, Ali Suhadi, bahwa koperasi yang dipimpinnya sudah berdiri sejak 27 Mei 1979, sampai saat ini telah memproduksi bahan baku 1.300 ton per bulan. “Kalau dhitung sampai saat ini anggota kami sudah mencapai 2.400 orang dan kami memiliki 9.500 ekor sapi,” kata dia, Rabu (24/05/2017), saat Peresmian Pusat Produksi Pakan Ternak.

Menurut dia, dengan adanya Pusat Produksi Pakan Ternak tersebut yang menelan anggaran 22 miliar lebih dengan rincian 5 miliar hasil pinjaman BNI 46 dan 17 miliar, melihat potensi peluang yang ada akhirnya diputuskan bersama petani untuk menambah produksi bahan baku 200 ton per hari dalam kurun waktu 3 tahun ke depan.

“Awalnya, Kami menghasilkan produksi hanya 50 ton per hari, tetapi dengan potensi dan peluang yang ada Kami bersama petani memutuskan untuk menambah nilai produksi hingga 200 ton per hari dalam kurun waktu 3 tahun ke depan,” ujar Ali.

Sementara, Menteri Koperasi Usaha Kecil dan Menengah RI Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga, mengungkapkan bahwa bagaimanapun juga usaha yang dimiliki oleh koperasi harga yang dipasarkan lebih murah.

Untuk itu, Puspayoga mengharapkan dengan pendirian Pusat Produksi Pakan Ternak ini harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. “Saya berharap kepada anggota dan pengurus KAN untuk meningkatkan pemasaran,” pungkas dia. (Putut)

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments