Kamis, Juli 29, 2021
BerandaPas Lintas Batas Timor Leste - Belu, Imigrasi Teken MoU
Array

Pas Lintas Batas Timor Leste – Belu, Imigrasi Teken MoU

FAKTA PERS – NTT.

Penandatanganan nota kesepahaman (MoU) lintas batas dua Desa di Kabupaten Atambua dan Timor Leste pihak Imigrasi kelas II Atambua dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belu secara bersama melakukan MoU guna menekan terjadinya lintas batas antara Indonesia dan Timor Leste.

Penandatanganan MoU tersebut ditandatangani oleh Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Atambua, Kurniadie bersama dua orang Kepala Desa Silawan Ferdi Mones dan Kepala Desa Manumutin Yohanes Dua yang saksikan oleh Bupati Belu, Atase Imigrasi RI Dilli, Kabid Inteldakwas Imigrasi Kupang NTT, Forkompinda Belu, Dansatgas 712/Wt Camat dan masyarakat Silawan.

Kepala Kantor Imigrasi Atambua NTT, Kurniadie ketika dikonfirmasi Minggu(28/5/2017) mengatakan, penandatanganan nota kesapaham (MoU) adalah kerjasama penerbitan dokumen perjalanan Negara Republik Indonesia (RI) serta peningkatan pengawasan orang asing.

“Kami akan selalu berusaha mensosialisasikan perubahan bagi masyarakat sehingga masyarakat mendapat kenyamanan hukum dalam melintasi tapal batas RI dan Timor Leste,” katanya.

Menurut Kurniadie, kita harus dapat mengantisipasi keluhan masyarakat yang sulit mendapatkan paspor lintas batas namun kami telah melakukan inovasi penerbitan paspor di Kantor yang dapat mendaftar secara online dan bisa diperpanjang “Ini tidak rumit yang penting ada KTP dan paspor lama paling sehari sudah terbit,”jelasnya.

Lanjut dia, MoU Imigrasi dengan dua Desa adalah langkah awal untuk membantu masyarakat di tapal batas memperoleh pas lintas batas, agar kedepannya Imigrasi akan melakukan hal serupa terkait pas lintas batas Desa-desa yang berada di tapal batas seperti Kabupaten Malaka dan Timor Tengah Utara.

“Kami ingin agar masyarakat mendapat perlindugan hukum dan tetap menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” harapnya.

(M. Habibudin)

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments