Jumat, Juli 30, 2021
BerandaPT. Hino Indonesia Bekerjasama dengan Perum Perhutani Kembangkan Hutan Konservasi di Pinggir...
Array

PT. Hino Indonesia Bekerjasama dengan Perum Perhutani Kembangkan Hutan Konservasi di Pinggir Jalan Tol Cipali

FAKTA PERS – PURWAKARTA.

PT. Hino Indonesia bekerjasama dengan Perum Perhutani Purwakarta, Jawa Barat melakukan penanaman pohon pengembangan Hutan Konservasi di kawasan Perlindungan Petak 9 B, tepatnya di pinggir Tol Cipali KM 81 di Desa Ciparung Sari, Kecamatan Cibatu, Kabupaten Purwakarta.

Dalam sambutannya, Presiden Direktur PT. Hino Indonesia, Kazushi Ehara menyampaikan, penanaman pohon ini adalah program Corporate Sosial Responsibility (CSR) PT. Hino Indonesia dalam upaya pengembangan Hutan Konservasi.

“Untuk mengurangi dampak pemanasan global, di mana kemampuan pohon dapat menyerap emisi karbon. Selain itu, guna mencegah erosi, menyerap air hujan serta manfaat untuk protektif lainnya,” jelasnya

Ia menambahkan, melalui program CSR jangka panjang PT. Hino, akan mengembangkan Hutan Konservasi seluas 10 Ha di kawasan Perlindungan Petak 9 B.

“Tahap awal, akan ditanami 3.400 bibit pohon buah-buahan dan tanaman langka di atas lahan 3,4 Ha. Selain itu, juga akan ditebar 20 kg bibit ikan di danau yang ada di kawasan ini,” papar Kazushi di lokasi penanaman pohon, Rabu (10/5).

Kedepan, kata dia, hasil dari tanaman buah dan ikan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. “Diharapkan dengan pemberdayaan masyarakat yang selalu berperan aktif, untuk menjaga dan memelihara tanaman. Hasil dari tanaman buah dan ikan yang dilepas di danau, dapat dimanfaatkan dan dibudidayakan,” ujar Kazushi.

Dilokasi yang sama, Kadivre Jabar Banten Perum Perhutani, Ir. Andi Purwadi mengapresiasi komitmen PT. Hino Indonesia yang peduli terhadap lingkungan, dengan menanam pohon melalui program CSR.

“Kebetulan pabrik PT. Hino berdekatan dengan lokasi petak 9 B ini, dan diharapkan bisa merambah. Kepedulian mereka terhadap masalah lingkungan hidup atau kelestarian hutan, tentu kita apresiasi,” ujarnya.

Penanaman pohon dilokasi ini, sambung dia, tepat dipinggir tol Cipali. “Fungsinya, karena lokasi ini daerah lapang. Kalau di sisi kiri dan kanan jalan tol ditanam pohon, bisa sebagai penahan angin sehingga akan lebih bagus. Jadi kami menghendaki tidak ada penebangan, nanti kita biarkan tetap hidup sebagai kawasan perlindungan setempat,” jelas Andi.

Ia menegaskan, pohon yang sudah ditanam dapat dirawat dan dipelihara hingga tumbuh besar. “Jadi, kita jangan sampai hanya bisa menanam tapi tidak bisa merawat. Justru, kita harus bisa merawat pohon hingga berumur 6 tahun. Masyarakat juga bisa menanam apa saja, asal tidak ditanaman pokok, sekaligus masyarakat akan menjaga dan mengamankan,” kata dia.

Ia juga menghimbau kepada perusahaan-perusahaan lain agar melakukan hal yang sama. “Semangat CSR PT. Hino dalam perlindungan hutan dapat ditiru oleh perusahaan-perusahaan lain. Kami akan menyiapkan lahan Perhutani di sepanjang jalan tol bagi perusahaan-perusahaan yang ingin menanam pohon,” tutup Andi.

Masih dilokasi yang sama, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Pemkab Purwakarta, H. Didi Suardi, SH mengungkapkan, dirinya menyambut baik Program CSR PT. Hino ini dalam pengembangan kawasan hutan.

“Patut disyukuri, PT. Hino ada keinginan melaksanakan kegiatan yang sifatnya peduli terhadap lingkungan. Kami sambut baik, bahkan kalau bisa ditingkatkan lagi dari CSR perusahaan yang lain. Untuk menguatkan kapasitas lingkungan hidup di daerah ini,” singkat Didi. (rom)

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments