Sabtu, Juli 31, 2021
BerandaPU SDA Kabupaten Malang Anggarkan 34 Miliar untuk Optimalkan Sistem Pengairan Pertanian
Array

PU SDA Kabupaten Malang Anggarkan 34 Miliar untuk Optimalkan Sistem Pengairan Pertanian

FAKTA PERS- MALANG.

Untuk memsejahterakan masyarakat khususnya kalangan petani, ternyata Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air (PU SDA) Kabupaten Malang, Jawa Timur memiliki strategi sendiri.

Seperti dikatakan Kepala Dinas PU SDA Kabupaten Malang Ir. Mochamad Anwar melalui Kepala Bidang Pembangunan Anang Yudayana, untuk masa depan pertanian perlu dioptimalkan sistem pengairannya.

“Untuk mengoptimalkan bidang pertanian, Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air, sudah menyiapkan anggaran sebesar 34 Milyar, sekaligus pembangunan saluran irigasi Tersier maupun Quarter,” kata Anang, Jumat (11/05/2017), saat ditemui di ruang kerjanya.

Diungkapkan olehnya, dari total anggaran yang ada untuk tahun ini secara garis besar akan diarahkan pada pemeliharaan dan pembangunan saluran Tersier. Sehingga, agar baku, air sawah di wilayah Kabupaten Malang tetap terjaga dan sistem pengairan di masyarakat, khususnya petani akan lebih optimal.

Bukan hanya itu, lanjut dia, perawatan ruang terbuka hijau di sepadan sungai, juga akan diantisipasi seperti, Ruang Taman Hihau (RTH) sehingga apa yang selama ini sudah tertata, akan terpelihara dengan baik.

“Yang jelas, kegiatan yang sudah dilaksanakan antara lain, Perbaikan Prasarana Pintu Air, Pemeliharaan Saluran Sumber Umbulan, dan Penanaman Pohon di Saluran Sumber Umbulan yang telah dilaksanakan pada kegiatan Bina Desa di Kecamatan Bantur beberapa waktu lalu,” jelas dia.

Ditegaskan Anang, Pemasangan Pintu air dan Pemasangan Bronjong juga telah dilaksanakan dalam kegiatan Bina Desa yang bertempat di Desa Pujon Kidul Kecamatan Pujon. “Kami berharap dengan adanya pemeliharaan dan pembangunan, petani tidak lagi kesulitan air, apalagi saat memasuki musim kemarau,” pungkas dia. (Putut)

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments