Minggu, Mei 16, 2021
BerandaPurwakarta Dapatkan DAK Pertanian 2017 Rp. 4,8 Milyar, Bangun Prasarana dan Sarana...
Array

Purwakarta Dapatkan DAK Pertanian 2017 Rp. 4,8 Milyar, Bangun Prasarana dan Sarana Fisik Pertanian

FAKTA PERS – PURWAKARTA.

Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat mendapatkan Dana Alokasi Khusus (DAK) bidang pertanian tahun 2017  dari pemerintah pusat sebesar Rp. 4,8 Milyar, untuk pembangunan prasarana dan sarana fisik dasar pembangunan pertanian.

Kabid Sumber Daya Pertanian Purwakarta Rahmat Pardede, SH mengatakan, “Purwakarta mendapat DAK 2017 bidang Pertanian sebesar Rp. 4,8 Milyar. Anggaran tersebut akan dialokasikan untuk pembangunan prasarana dan sarana fisik dasar pembangunan pertanian.”

“DAK 2017 Rp. 4,8 Milyar difokuskan pembangunan fisik, dibagi menjadi 30 paket tersebar di 15 kecamatan. Untuk pembangunan embung, parit, dan irigasi tersier,” ujarnya.

Menurutnya, Pemkab tidak menyediakan dana pendamping untuk DAK Pertanian 2017. “Tidak ada dana pendamping dari Pemkab. Untuk biaya perencanaan dan pengawasan, semuanya dibebankan dari DAK 2017 itu,” jelas Rahmat di kantornya.

Dalam petunjuk operasional penggunaan DAK bidang pertanian Tahun 2017 disebutkan, kegiatan DAK bidang pertanian daerah kabupaten/kota diprioritaskan untuk pembangunan/perbaikan sumber air mencakup irigasi air tanah (dangkal/dalam), Embung, Dam Parit, Long Storage dan/atau Pintu Air.

Kebijakan ini diarahkan untuk pembangunan/perbaikan prasarana dan sarana fisik dasar pembangunan pertanian, guna mendukung peningkatan produksi dan ekspor komoditas pertanian strategis. (rom)

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments