Jumat, Maret 5, 2021
Beranda Rayakan May Day, Ribuan Buruh Long March dan Gelar Karnaval Budaya Nusantara
Array

Rayakan May Day, Ribuan Buruh Long March dan Gelar Karnaval Budaya Nusantara

FAKTA PERS – PURWAKARTA.

Ribuan Buruh melakukan Long March dari titik kumpul di kampus UPI Jalan Veteran menuju Lapangan Sahate Jalan KK Singawinata, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Senin (1/5).

Aksi Long March ini untuk memperingati Hari Buruh Internasional. Perayaan digelar dengan kegiatan karnaval Budaya Nusantara.

Para buruh membawa atribut kesenian dari berbagai daerah mulai dari Tanjidor, Kuda Lumping, hingga Genye (manusia tanah kesenian khas Purwakarta).

Uniknya lagi, seluruh peserta membawa beras yang dimasukkan kedalam botol. Dimana beras tersebut dikumpulkan dan disumbangkan kepada seluruh masyarakat, penerima jatah beras sejahtera di Kabupaten Purwakarta atau biasa diistilahkan beras perelek.

Saat dikonfirmasi kepada salah seorang buruh yang ikut aksi damai itu, Jajang (25) warga Cipaisan Purwakarta tampak antusias mengikuti kegiatan yang diselenggarakan atas kerjasama KC FSPMI dengan Pemkab Purwakarta.

“Alhamdulilah, aksi ini dapat berjalan damai dan tenang. Tidak seperti di daerah lain yang dikabarkan berlangsung rusuh sampai ada bakar-bakaran,” singkat Jajang.

Sementara, menurut Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi yang juga ikut bergabung melakukan aksi Long March bersama buruh mengatakan, para buruh di Purwakarta memiliki kedewasaan dalam mengungkapkan pendapat, sehingga setiap aksi dapat berlangsung secara elegan.

“Ini lebih elegan, esensinya sama. Para buruh ingin, aspirasi yang disampaikan kepada pihak perusahaan mereka masing-masing bisa diselesaikan secara bipartit. Ada pengumpulan tanda tangan sebagai bentuk dukungan, saya pasti ikut tanda tangan,” ujar Dedi.

Dalam aksi Long March itu, sejumlah spanduk yang berisi tuntutan kepada perusahaan tempat mereka bekerja juga terlihat ikut dibawa para buruh. Dedi Mulyadi pun sempat naik mobil komando seraya memberikan semangat serta menghimbau agar peserta aksi tetap menjaga ketertiban dan kebersihan. (rom)

Most Popular

Recent Comments