Jumat, Juli 30, 2021
BerandaSebanyak 96 Siswa Kelas B TK Aisyiyah Sekota Tidore Diwisudakan
Array

Sebanyak 96 Siswa Kelas B TK Aisyiyah Sekota Tidore Diwisudakan

FAKTA PERS – TIDORE KEPULAUAN.

Sebanyak 96 siswa kelas B taman kanak-kanak (TK) Aisyiyah se-Kota Tidore Kepulauan, terdiri dari TK ABA I Tongowai sebanyak 58 anak, TK ABA II 18 anak, dan 28 anak dari TK ABA III Dowora mengikuti seremonial perpisahan dan wisuda tahun pelajaran 2016/2017 pada Rabu, (17/5/17) pagi bertempat di Aula Mole Majimo SMA Negeri 1 Soasio.

Acara seremonial perpisahan dan wisuda yang bertemakan Pembentukan Ahklaqu Karimah Sejak Usia Dini tersebut dihadir langsung Pimpinan Daerah Aisyiyah Kota Tidore Kepulauan Hj. Farida Johar, Kepala Dinas Pendidikan Tidore yang diwakili Kabid TK dan SD, Jamil Hadi, S.Pd, Majelis Pendidikan Aisyiyah Kota Tidore Kepulauan, Hj. Sumitri, S.Pd, Kepala Sekolah dan Guru TK, orang tua para siswa, serta anak-anak TK. Ditandai dengan penyerahan Sertifikat Tanda Tamat Belajar (SKTTB) secara simbolis oleh pimpinan daerah Aisyiyah dan kabid TK dan SD kepada para perwakilan TK Aisyiyah sekota Tidore.

Pimpinan Daerah Aisyiyah Kota Tidore Kepulauan Hj. Farida Johar dalam sambutannya menyampaikan bahwa, output yang dihasilkan dari anak-anak bapak/ibu di Tk Aisyiyah mencerminkan anak saleh. Hal itu dapat kita lihat bersama dari tausiyah yang disampaiakan oleh anak kita tadi.

Hj. Farida Johar juga mengajak kepada seluruh orang tua murid maupun Pemerintah agar selalu bersama-sama mendukung program Aisyiyah dalam dunia pendidikan. Demi untuk peningkatan kecerdasan anak, pembentukan krakter sehingga lebih menghasilkan kemandirian untuk menjadi anak yang saleh, trampil, berkepribadian mandiri dan menjadi anak yang bertanggung jawab pada orang tua, bangsa, negara, dan terutama bertanggung  jawab terhadap Allah SWT.

Hal yang sama juga disampaikan Majelis Pendidikan Aisyiyah Kota Tidore Kepulauan, Hj. Sumitri, S.Pd bahwa  Aisyiyah adalah organisasi perempuan persyarikatan Muhamadiyah, merupakan gerakan islam dan dakwah amar ma,ruf nahi mungkar yang berazas islam bersumber pada AlQur,an dan Assunnah, dimana tujuan yang sama dengan Muhammadiyah adalah untuk menegakkan dan menjunjung tinggi perintah ajaran islam, sehingga terwujudnya masyarakat islam yang sebenar-benarnya.

Hj. Sumitri, S.Pd juga menambahkan, bahwa TK ABA l  Tongowai berdiri sejak tahun 1997 dan sudah 12 kali melepaskan anak-anak kejenjang lebih tinggi. Untuk TK ABA II kelurahan selih, berdiri sejak tahun 2005 dan sudah 8 kali melepaskan anak-anaknya. Sedangkan TK ABA III yang berada di kelurahan Dowora yang berdiri pada tahun 2006 telah 7 kali melepaskan anak salehnya untuk melanjutkan ke jenjang lebih tinggi.

Namun demikian, tenaga pendidik yang ada di TK ABA III Dowora masih jauh dari harapan. Untuk itu, dirinya berharap kepada Dinas Pendidikan Tidore kiranya dapat membantu dalam menambahkan guru sehingga proses belajar mengajar di TK ABA 3 Dowora dapat berjalan dengan lancar.

Sementara itu, sambutan Kepala Dinas Pendidikan Kota Tidore, Ismail Dukomalamo yang dibacakan Kabid TK dan SD, Jamil Hadi, S.Pd mengatakan bahwa, pendidikan anak usia dini (Paud) merupakan pendidikan yang paling fundamental karena perkembangan anak dimasa selanjutnya akan sangat ditentukan dari berbagai stimulus bermakna yang diberikan sejak usia dini.

“Awal kehidupan anak merupakan masa yang paling tepat dalam memberikan dorongan atau upaya pengembangan agar anak dapat berkembang secara optimal,” katanya.

Kadis juga mengatakan, sejalan dengan dicanangkannya gerakan paud berkualitas, oleh pemerintah Pusat sampai ke daerah. Maka kita semua baik pemerintah maupun masyarakat berkewajiban mendukung dan mengembangkannya. (ss)

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments