oleh

Tak Punya Tempat Menetap, Literasi Anak Jalanan Kota Ternate Butuh Perhatian

-Daerah-264 views

FAKTA PERS – TERNATE.

Literasi Anak Jalanan Kota Ternate, Propinsi Maluku Utara hingga kini belum memiliki tempat tinggal yang memadai. Sehingga literasi anak jalanan yang berjumlah sekitar 20 anggota dan telah berjalan sejak tiga tahun tersebut terpaksa harus berpindah-pindah tempat tinggal.

“Kasian tempat ini dikasih pinjam oleh warga, jadi hanya numpang,” tutur Kordinator literasi anak jalanan kota Ternate, Adlun Fiqri Sigoro kepada Fakta Pers saat ditemui di Rumah baca yang bertempat di pasar Heginis kota Ternate, seusai melakukan pengajian, Kamis (11/5) malam.

Ia menambah apa yang mereka lakukan, hanya bermodal saling membesarkan. “Jadi, bukan kita siapa lagi, kalau bukan sekarang kapan lagi. Ada pepatah dari biak Ido ma, ma ido fa artinya memberi jika ada yang menerima, sebaliknya menerima jika ada yang memberi,” kata Adlun Fiqri.

Ia juga menambahkan, tujuan dari  yang dilakukan oleh dirinya serta rekan-rekannya adalah membentuk karakter diri pada anak di usia dini dan terhindar dari mala praktek penjualan anak di bawah umur, dan menurutnya  jika anak- anak ini tidak di sentu dengan kasih sayang, maka bagaimana dengan masa depan mereka.

“Negara ini memberi jaminan dan perlindungan dalam UU Pasal 34 Tahun 1945 yang mengatakan fakir niskin dan anak-anak terlantar di pelihara oleh Negara,” kata Adlun yang juga berprofesi sebagai Mahasiswa semester delapan Fakultas Antropologi Sosial Unkhair.

Sementara itu, kegiatan pengajian sendiri dilakukan satu minggu sekali yakni empat kali pertemuan. “Selain jadwal mengaji, kami juga membuka perpustakaan jalanan di taman Nukilah dan belakang Mall baru kota Ternate,” kata Ust. Jamal Bobero kepada Fakta Pers di lokasi yang sama.

Lanjutnya, selain itu dilakukan juga kegiatan sosial berupa bakti dan nengamen untuk sedikit membantu anak-anak yang tidak mampu. (Abd. Rahim)

Komentar

News Feed