Sabtu, Mei 8, 2021
BerandaTanpa Koordinasi, Pjs Kepala Desa Sagea Main Pecat Bendahara Aktif
Array

Tanpa Koordinasi, Pjs Kepala Desa Sagea Main Pecat Bendahara Aktif

Bendahara Desa Sagea, Ruslan Ibrahim

FAKTA PERS – HALMAHERA TENGAH.

Tindakan main pecat yang dilakukan Pjs Kepala Desa Sagea Kecamatan Weda Utara, Kabupaten Halmahera Tengah, Dahril Fabanyo terhadap Bendahara aktif Desa Sagea Ruslan Ibrahim dipertanyakan. Pasalnya, Ruslan dipecat tanpa ada koordinasi dari Pjs tersebut.

“Saya merasa dikhianati oleh Kepala Desa saudara Dahril Fabanyo, karena saya dipecat tanpa kordinasi lebih dulu. Tentunya ini sangat merugikan bagi saya. Sebab, bukan cuman saya yang menjadi korban dari dia (kades), ada juga beberapa kaur Pemerintah Desa yang lain karena tidak diberikan gajinya,” cetus Ruslan Ibrahim.

Menurut Ruslan, Kades yang masih menjabat sebagai Pejabat Sementara (Pjs) itu harusnya paham soal Peraturan Desa dan Peraturan Aparatur Sipil Negara (ASN) sehingga tidak semena-mena main pecat. “Dia (kades) itukan Pjs harusnya ia paham soal peraturan Pemerintahan Desa dan Peraturan ASN, sehingga jangan main-main pecat tanpa masalah yang jelas,” tuturnya.

Saat ditemui Fakta Pers pada Senin (8/5), dirinya mengatakan bilamana ada kesalahan yang diperbuat olehnya agar dapat dibicarakan tanpa harus mengambil tindakan yang berunjung pada pemecatan.

“Jikalau saya salah, maka saya siap diberhentikan kapan saja. Karena jabatan bendahara diangkat dan di berhentikan Kepala Desa. Tapi maunya saya harusnya ada koordinasi,” katanya.

Untuk itu, dirinya berharap kepada Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Kabupaten Halmahera Tengah agar dapat mengevaluasi kepala Desa Sagea.

“Harus dievaluasi dan kalau bisa dia dipecat karena sudah melangar aturan tentang tugas dan wewenang Bendahara Desa yang diatur UU No 1 Tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara, UU No 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, dan UU No 30 tahun 2014 tentang  Administarasi Pemerintah,” desaknya.

(Abd. Rahim)

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments