Minggu, Juli 25, 2021
BerandaWujudkan Profesionalisme Pengelolaan Perpustakaan Sekolah, Dispeka Kota Tidore Lakukan Bimtek
Array

Wujudkan Profesionalisme Pengelolaan Perpustakaan Sekolah, Dispeka Kota Tidore Lakukan Bimtek

FAKTA PERS – TIDORE KEPULAUAN

Dalam rangka meningkatkan kualitas pengelolaan perpustakaan sekolah di Kota Tidore Kepulauan yang lebih profesional, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispeka) Kota Tidore Kepulauan pada Kamis (18/5) pagi, melaksanakan kegiatan bimbingan teknis (Bimtek) pengelolaan bahan perpustakaan sekolah tingkat SLTA se Kota Tidore Kepulauan bertempat di aula SMK Negeri 1 Tidore.

Kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari tersebut, diikuti sebanyak 40 pustakawan di tingkat SMA se Kota Tidore Kepulauan.

Plt. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Rohani K. Katili, SH. M.Si kepada Fakta Pers saat ditemui di lokasi kegiatan mengatakan, bahwa tujuan dilaksanakannya Bimtek pengelolaan bahan perpustakaan sekolah tingkat SLTA se Kota Tidore Kepulauan ini dalam rangka untuk menciptakan para pustakawan yang lebih profesional untuk melaksanakan tugas kepustakawanan.

“Perpustakaan yang kita harapkan sebagai suatu lembaga berupa agen perubahan, kalu tidak dikelolah dengan sumber daya yang profesional, tentunya tidak berjalan dengan baik. Maka dari itu, kami melaksanakan kegiatan ini guna meningkatkan kualitas SDM dalam pengelolaan perpustakaan,” tutur Rohani K. Katili.

Menurutnya, tugas para pustakawan bukan hanya mengatur buku tetapi bagimana melakukan manajemen berupa pengelolaan lokasi perpustakaan, menciptakan ide-ide baru sehingga mampu mempromosikan perpustakaan agar dapat dinikmati dan dijadikan suatu tempat informasi aktif lewat bagian dari pembelajaran disekolah.

“Jadi pustakawan itu tidak sekedar mengelola perpustakaan begitu saja. Namun harus membuat metode yang lebih meningkatkan minat baca, agar perpustakaan menjadi bagian penting, bagian inti, dari sebuah pembelajaran. Apalagi dengan perkembangan teknologi sekarang ini, tentunya pengelolaan perpustakaan juga memiliki trend,” ungkapnya.

Untuk itu, dirinya berharap agar para peserta seusai mengikuti kegiatan Bimtek tersebut, agar dapat melaksanakan pengelolaan perpustakaan yang lebih profesional, “jadi saya berharap agar para pengelola perpustakaan sekolah atau biasa disebut pustakawan bahwa setelah mengikuti kegiatan ini dapat melakukan tugas pokok serta fungsi mengelola perpustakaan sekolah secara profesional. Sehingga mampu menciptakan budaya baca para siswa,” harapnya. (ss)

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments