Sabtu, Mei 8, 2021
BerandaAcara HUT 1 Abad Desa Kayu Laut Berlangsung Meriah, Artis Fatin Sidqia...
Array

Acara HUT 1 Abad Desa Kayu Laut Berlangsung Meriah, Artis Fatin Sidqia Ikut Memeriahkan

FAKTA PERS – MANDAILING NATAL.

Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Desa Kayu Laut yang ke 100 tahun yang dilaksanakan di Balerong Pasar Kayulaut dan pelataran SDN 145 berlangsung sejak tanggal 26, 28, dan 29 Juni 2017, diserbu oleh warga se-Kecamatan Panyabungan Selatan, Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Provinsi Sumatera Utara.

Acara tersebut menjadi perhatian warga Kayu Laut dan sekitarnya, karena sekaligus menjadi ajang hiburan di hari raya Idul Fitri 1438 H.

Adapun rangkuman kegiatan tanggal 26 Juni 2017 yakni, perlombaan masakan tradisional yang terlupakan, Gordang Sambilan, Silaturahim, dan Live Musik Perantau. Pada tanggal 28 Juni 2017 berisi Pesta Rakyat, Potong Kue Ultah 1 Abad Kayu Laut, Pelepasan Balon, Tarian Tradisional, Tarian Kreasi, Pakaian Tradisional, Aneka Masakan Tradisional, Sajian Kopi Arabika Punya Kayulaut dan Anak Cuci Kaki Bunda. Sementara pada hari ketiga yang tepatnya tanggal 29 Juni 2017 berisi Inspirasi, Motivasi dan Hiburan Spesial dari Fatin Sidqia Lubis X-Factor Indonesia 2013 dan Ucok Baba.

“Atas nama Pemerintah Kecamatan Panyabungan Selatan sangat mengapresiasi kegiatan HUT ke 100 tahun Desa Kayu Laut,” ujar Syamsir Nasution, Camat Panyabungan Selatan saat ditemui wartawan di sela rangkaian acara HUT Desa Kayu Laut, Rabu (28/6/2017) siang.

Lanjut Syamsir, “dengan HUT Desa Kayu Laut semakin pemperkokoh persatuan pemuda dan pemudi atau Naposo Nauli Bulung (NNB) dan umumnya masyarakat Kayulaut.”

“Diharapkan dengan acara ini masyarakat bisa mengevaluasi peningkatan ekonomi dan ibadah dari tahun ke tahun. Semoga desa Kayu Laut menjadi perwujudan terciptanya Negeri Beradat Taat Beribadat di Mandailing Natal,” harap Syamsir.

Sementara Kepala Desa Kayu Laut Parwis Lubis, dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada warga yang telah meramaikan, dan khususnya NNB yang sudah bersusah payah mewujudkan Pesta Rakyat 1 Abad Kayu Laut.

“Karena ini masih suasana Idul Fitri, pemerintah desa mengucapkan mohon maaf lahir batin, semoga acara ini memperkuat tali silaturahim antar warga, begitu juga dengan perantau. Dan ke depan kita bisa sama-sama memajukan desa tercinta,” jelas Parwis Lubis.

Kepala Desa Kayulaut itu juga mengungkapkan secara singkat awal berdirinya desa Kayulaut, dimana dulunya ada banjir bandang yang besar di Desa Tanobato sehingga menghancurkan kawasan tersebut. Akibat kejadian tersebut para orang tua dulu melakukan perpindahan untuk mencari tempat yang aman serta kehidupan yang baru dan di tahun 1916. Mereka pun membangun desa baru bernama Kayu Laut.

Sebelumnya Panitia Acara dalam sambutannya yang dibacakan ketua NNB Kayulaut M. Muksin, berharap dengan adanya acara ini akan lebih mempererat lagi tali silaturahmi khususnya warga Desa Kayulaut.

Turut hadir dalam acara HUT Desa Kayu Laut ke 100, Kapolsek Panyabungan Selatan, Kades se-Panyabungan Selatan, Tokoh Masyarakat, Perantau, dan undangan lainnya. (M Efendi)

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments