Kamis, Juli 29, 2021
BerandaPembukaan dan Pembahasan Raperda di Kabupaten OKU Berjalan Dengan Lancar
Array

Pembukaan dan Pembahasan Raperda di Kabupaten OKU Berjalan Dengan Lancar

FAKTA PERS – OKU.

Pembukaan dan pembahasan 10 Raperda di Kabupaten OKU yang dilaksanakan di ruang rapat Paripurna berjalan dengan lancar dan tertib.

Pembukaan dan pembahasan 10 Raperda ini dihadiri langsung oleh Bupati OKU Drs. H. Kuryana Azis, Wabub Drs. Johan Anuar, Ketua DPRD OKU Zaplin Ipani, Wakil Ketua DPRD Inderawati, dan seluruh Fraksi – Fraksi yang ada di DPRD OKU, Pengadilan Negeri, dan seluruh Kepala Dinas.

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) OKU sepakat menunda 3 (tiga) rancangan Peraturan Daerah (Raperda) inisiatif  mereka sendiri. Tiga Perda yang dimaksud adalah Raperda ke 2 (dua) tentang perubahan kedua atas Perda No. 2 tahun 2005 tentang kedudukan Protokoler dan Keuangan Pimpinan dan Anggota DPRD OKU, Raperda perubahan atas Perda No.9  tahun 2010 tentang organisasi dan Kepegawaian PDAM OKU, serta Raperda tentang penetapan tenaga kerja lokal.

Adapun Perda yang dicabut, Perda No.26 tahun 2016 tentang Pengelolaan Tanah dan Air. Perda No.2 Tahun 2013 tentang Pengelolaan Mineral dan Batubara, Perda No.18 tehun 2013 tentang Pengelolaan Minyak dan Bumi. Perda ini mengatur tentang Dinas Pertambangan yang telah diambil oleh Propinsi Sumsel, makanya perda ini akan dicabut dikarenakan Pemkab OKU tidak memiliki wewenang lagi, katanya.

Adapun 6 Raperda inisiatif yang disampaikan Pemkab OKU kepada DPRD OKU karena sudah sesuai dengan Undang-Undang (UU) No.12 tahun 2011 tentang Pembentukan dan UU No. 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. Adapun Raperda itu diantaranya Raperda tentang Izin Gangguan (HO), Raperda Perubahan atas Perda OKU No. 15 tahun 2011 tentang Retribusi jasa usaha, Raperda tentang Perubahan  tentang Perda OKU No. 16 tahun 2011 tentang Retribusi jasa umum, Raperda Pemilihan Kepala desa, Raperda Pencabutan beberapa Peraturan Daerah, dan Reperda tentang Pajak Air dan Tanah.

Mudah–mudahan dalam pembukaan dan pembahasan Raperda ini akan bermanfaat bagi kehidupan masyarakat, Negara dan Bangsa dan utamanya bagi masyarakat Bumi Sebimbing Sekundang. (ADV/Dani)

 

 

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments