Selasa, Mei 11, 2021
BerandaPolisi Gagalkan Penyelundupan 900 Liter Arak Bali
Array

Polisi Gagalkan Penyelundupan 900 Liter Arak Bali

FAKTA PERS – BALI.

Sebanyak 900 liter Arak Bali kelas satu yang akan diselundupkan ke Pulau Jawa melalui Pelabuhan Gilimanuk, Kabupaten Jembrana, Bali berhasil digagalkan oleh polisi.

Dalam aksi penyelundupan tersebut, polisi berhasil mengamankan barang bukti saat pemeriksaan di pintu masuk Pelabuhan Gilimanuk.

Seperti yang dikatakan Kabid Humas Polda Bali AKBP Hengky Widjaja, “penangkapan ratusan liter miras jenis Arak Bali dilakukan pada Sabtu dinihari (3/6) sekitar pukul 03.30 WITA oleh petugas yang melakukan pemeriksaan di Pos Pemeriksaan pintu masuk pelabuhan Gilimanuk – Ketapang Banyuwangi. Petugas menemukan ratusan liter miras jenis Arak Bali tanpa kelengkapan dokumen, diduga ini merupakan aksi penyelundupan,” katanya di Denpasar (4/6/17).

Hengky menjelaskan, selain mengamankan ratusan liter miras jenis Arak bali, petugas juga mengamankan pelaku atas nama SH (24) yang tak lain sopir dari kendaraan angkutan miras tersebut. Saat dilakukan pemeriksaan terhadap kendaraan truk dengan Nomor Polisi P 8336 UE yang dikemudikan SH, petugas langsung curiga dengan isi muatan dalam kendaraan. Saat diperiksa isi muatannya, ternyata kendaraan  tersebut  mengangkut  900 liter miras  jenis Arak Bali.

“Miras tersebut dikemas menggunakan botol isian 1,5 liter sebanyak 360 botol yang disimpan dalam 30 dus dan menggunakan jerigen isian 18 liter sebanyak 20 jerigen. Selanjutnya pelaku dan barang bukti diamankan di Polsek  Gilimanuk guna penanganan lebih lanjut.” lanjutnya.

Hasil investigasi sementara,pelaku (SH) mengangkut miras atas perintah majikannya. Miras tersebut akan dijual kembali ke daerah Situbondo atau Banyuwangi. Barang bukti tersebut tidak dilengkapi dengan dokumen sah.

“Selain itu barang bukti tersebut tidak dilengkapi dengan pita cukai dan label edar yang dikemas. Bila tidak ada label edar dan pita cukai, maka barang tersebut merupakan barang ilegal.” ujar Hengky.

Hengky juga menyampaikan, “selama bulan suci Ramadhan ini petugas akan memperketat pengamanan jalur mudik. Untuk itu, terkait dengan hal-hal yang berhubungan ancaman keamanan dan ketertiban, kenyamanan masyarakat, maka dilakukan tindakan tegas.”

“Terkait dengan penangkapan miras tersebut yang akan diselundupkan ke Pilau Jawa. Ratusan liter arak Bali itu diduga kuat akan digunakan saat lebaran. Ini merupakan tugas bersama baik polisi maupun masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban.” pungkas Hengky. (Nugraha)

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments