oleh

Sinergi Strategis Antar BUMN, PJT II dan PGN Tandatangani Nota Kesepahaman

-Daerah-231 views

FAKTA PERS – PURWAKARTA.

Perum Jasa Tirta II (PJT II) dan PT. Perusahaan Gas Negara (PT. PGN) menandatangani Nota Kesepahaman kerjasama sinergi strategi, Pengembangan Bisnis dan Pengelolaan Infrastruktur Penguatan Energi.

Nota Kesepahaman ini ditandatangani oleh kedua Direktur Utama Perusahaan BUMN itu, Rabu (7/6) di aula Istora kawasan PJT II Jatiluhur Purwakarta, Jawa Barat.

Dalam keterangan persnya, Direktur Utama PJT II, Djoko Saputro menjelaskan rencana Prospect Infrastruktur Project PJT II ke depan akan mengelola air bersih.

“PJT II akan mengembangkan potensi Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) dan Water Treatment Plant (WTP) di beberapa kabupaten/kota di wilayah Jawa Barat Utara,” kata Djoko.

Ia menambahkan PJT II adalah sebagai penanggungjawab proyek kerjasama SPAM, adapun nilai investasinya sangat besar.

“Kami memiliki estimasi nilai pekerjaan tersebut mencapai 1,5 Milyar USD. Namun, nilai itu belum bisa dijadikan refrensi dari perhitungan sementara diatas kertas, dari studi atau pra studi perencanaan yang sedang dikerjasamakan saat ini,” terangnya.

Bentuk kerjasamanya pun, lanjut dia, sedang diupayakan untuk bisa di fix kan dikemudian hari. “Kami masih memiliki beberapa opsi alternatif yang belum bisa diekspose,” jelas Djoko.

Menurutnya, jadi yang penting adalah bagaimana nanti dari pihak Kementerian PUPR bisa memberikan penunjukan kepada PJT II sebagai penyelenggara. “Sehingga, kami bisa melakukan studi-studi lebih lanjut untuk menajamkan, berapa sesungguhnya nilai investasi secara spesifik yang dibutuhkan untuk pekerjaan ini,” papar Dirut.

Lebih lanjut, Ia mengutarakan penandatangan MoU ini sebagai awal untuk mencoba membuat suatu kajian lebih dalam lagi antara PJT II dengan PGN.

“Kita berupaya melakukan pengembangan bisnis, pembangunan infrastruktur dan pengembangan energi yang memang dimiliki spesifik masing-masing. Tentunya, kami akan menindaklanjuti dalam bentuk survey, koordinasi, studi-studi, sehingga dapat disepakati kerjasama yang lebih spesifik,” ujarnya.

Sementara, Direktur Utama PT. PGN Jobi Triananda Hasjim menyampaikan, PGN menggelar Pipa Gas di banyak tempat, di Jakarta, Bekasi, Karawang dan sebagian juga melintasi atau menggunakan lahan milik PJT II.

“Kerjasama ini diharapkan komunikasi bisa lebih baik, kemudian patroling fasilitas PGN juga menjadi lebih baik. Karena intensitas kegiatan di atas jalur Pipa PGN cukup tinggi. Sedangkan disana juga ada fasilitas PJT II, sehingga dengan mensinkronkan Patroling bersama untuk pengamanan aset-aset kedua belah pihak,” tambahnya.

Jobi melanjutkan lahan PJT II dapat dioptimalkan untuk penggelaran Pipa gas bumi. “Mungkin kompetensi PGN juga dapat dimanfaatkan untuk membangun saluran tertutup, nanti disana ada pipanisasi. Baik itu dalam membuat design, mengawasi konstruksi atau menjadi kontraktor, sangat terbuka sekali untuk kemungkinan itu. Sehingga sesama BUMN bisa saling mensupport,” jelas Dirut PT. PGN.

(rom)

Komentar

News Feed