Kamis, Mei 13, 2021
BerandaTak Punya Drainase, Trans Maidi Langganan Banjir Tiap Turun Hujan
Array

Tak Punya Drainase, Trans Maidi Langganan Banjir Tiap Turun Hujan

FAKTA PERS – TIDORE KEPULAUAN.

Trans Maidi Kecamatan Oba Selatan, Kota Tidore Kepulauan, menjadi tempat langganan banjir setiap turunnya hujan. Hal itu disebabkan tidak adanya Drainase atau irigasi serta tidak tuntasnya normalisasi kali yang dilakukan oleh PT. Arafat pada tahun sebelumnya.

Sebagaimana disampaikan Camat Oba Selatan A. Rasid A.W Umar, bahwa akibat tidak ada drainase, serta normalisasi kali yang tidak tuntas oleh PT. Arafat, membuat rumah warga, lahan perkebunan, dan semuanya terkena banjir bila turun hujan dengan ketinggian air 70 cm atau di atas batas lutut orang dewasa.

“Kalau di Trans Maidi ini ada dua SP, di mana untuk SP1 itu jumlah warganya sebanyak 90, sementara untuk SP2 itu jumlahnya sebanyak 160 dan semuanya terkena banjir, dan parahnya itu kalau airnya sudah kering itu masyarakat mulai kena penyakit malaria dan muntaber dan itu sudah keseringan terjadi,” ujarnya.

Sementara itu, untuk meninjau serta mencari solusi terhadap warga berdampak, Pemerintah Daerah Kota Tidore Kepulauan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) melakukan pendataan terhadap warga di trans Maidi pada kamis (8/6).

Dipimpin langsung oleh Asisten II Walikota Kota Tidore Kepulauan, Muhammad Yasin berdasarkan instruksi Walikota Kota Tidore Ali Ibrahim. “Setelah kembali dari sini (Trans maidi) kami akan merampungkan semua data berdasaerkan hasil kunjungan kami untuk disampaikan kepada Sekertaris Daerah (Sekda) dan nantinya pak sekda yang akan meneruskan ke walikota untuk dilakukan pertemuan lintas SKPD guna dicarikan solusi bersama,” tuturnya.

Untuk pertemuan lintas SKPD, menurut Asisten II dilakukan dalam waktu dekat dan akan dilibatkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Disnakertrans, Dinas PU, Dinas Perumahan dan Pemukiman, Bapelitbang, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Pertanian, dan Dinas Sosial.

“Kami berharap pertemuan ini dilakukan secepatnya, sehingga paling tidak minggu depan itu sudah bisa dilakukan, dan harapan kami presentase hasil kunjungan ini bisa disaksikan oleh walikota karena masalah ini sudah sangat serius,” ujarnya.

Kunjungan yang dilakukan oleh Asisten II Walikota, Muhammad Yasin dan BPBD dibawah pimpinan Dahlan Yusuf Kabid Rehabilitasi dan Rekonstruksi itu, diikuti juga oleh Kepala Kecamatan Oba Selatan A. Rasid A.W Umar, Babinsa Desa Maidi Sertu Julkifli Tjirebon, dan Bripka Jusmin Lasaponda Bhabinkamtibmas Desa Maidi. (ss)

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments