Sabtu, Mei 8, 2021
Beranda14 Pelabuhan Akan Dibangun di Halmahera Barat
Array

14 Pelabuhan Akan Dibangun di Halmahera Barat

FAKTA PERS – HALMAHERA BARAT.

Kabupaten Halmahera Barat akan mengembangkan 14 pelabuhan di Halmahera Barat. Hal itu sebagaimana disampaikan Asisten I Pemkab Halbar, M. Kurnia Duwila kepada Fakta Pers seusai melakukan rapat bersama di ruang rapat Bapeda Halbar, Rabu (19/7) kemarin.

Dikatakannya, ada 14 pengembangan pelabuhan serta ada 4 yang masuk dalam skala prioritas, yakni pelabuhan Jailolo, pelabuhan Mutui, pelabuhan Bataka, dan pelabuhan Baneigo. Namun, dalam berjalannya rapat, Pelabuhan Dodinga diusulkan masuk untuk dikembangkan dengan alasan, dari sisi geografis pelabuhan tersebut sangat terlindung dari cuaca semua musim.

Lanjutnya, dari semua itu, pelabuhan Jailolo dan Kontainer Mutui yang menjadi bidikan, guna menindaklanjuti hasil MoU antara Pemkab Halbar dan Pemkab Surabaya yang sudah ditandatangani bersama.

“Ini yang dipacu oleh bidang perencanaan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI. Sekarang, pelabuhan tersebut sudah dilakukan perbaikan, dan secepatnya diresmikan oleh Kemenhub sendiri. dan sudah tentu pekerjaan bongkar  muat kapal yang sifatnya kontainer secepatnya dapat dilaksanakan. Sedangkan untuk pelabuhan Jailolo sendiri akan dilakukan perbaikan dan penataan kembali,” kata Kurnia.

Tambahnya lagi, selain itu dalam rapat tersebut juga dilibatkan pihak Pariwisata dan Perikanan, sebab terdapat beberapa pelabuhan yang terhubung dengan kedua instansi ini, yakni Pelabuhan Ruba – Ruba dan Tuada.

(Abd. Rahim)

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments