Senin, Agustus 2, 2021
BerandaBerkunjung Ke Tidore, Danlantamal XIV Sorong Kagum Sejarah Tidore
Array

Berkunjung Ke Tidore, Danlantamal XIV Sorong Kagum Sejarah Tidore

Sekertaris Daerah, Thamrin Fabanyo (kiri, kemeja putih) bersama Danlantamal XIV Sorong, Brigjen TNI (Mar) Amir Faisol dan Istri (duduk) pada prosesi adat Joko Hale saat tiba di Pelabuhan Trikora Goto. (ss/hms)

FAKTA PERS – TIDORE KEPULAUAN.

Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) XIV Sorong, Brigjen TNI (Mar) Amir Faisol beserta rombongan berkunjung ke Kota Tidore Kepulauan, Rabu (19/7). Saat tiba di Tidore dan menginjakan kaki di pelabuhan Trikora Goto, Danlantamal yang didampingi istri bersama Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Ternate, Kolonel (P) Rizaldi, dan rombongan disambut langsung oleh Sekertaris Daerah, M. Thamrin Fabanyo.

Rombongan langsung melakukan kunjungan ke Kadaton Kesultanan Tidore dan diterima Jojau atau Perdana Menteri Kesultanan Tidore, Amin Faruk bersama dengan Para Bobato Adat Kesultanan, Asisten Setda Bidang Ekonomi dan Kesra Muhammad Yasin dan Sejumlah Pimpinan SKPD.

Pada kesempatan tersebut, Jojau Amin Faroek menyampaikan sejarah singkat Tidore. Dikatakan bahwa Tidore memiliki sejarah panjang dan andil besar dalam perjuangan pembebasan Irian Barat kembali ke pangkuan NKRI. Intinya, tanpa peran dari Kesultanan Tidore, Indonesia tanpa Papua. Kota ini juga terkenal di zaman Kesultanan Tidore sebagai penghasil rempah-rempah yang diminati bangsa eropa saat itu. Tuturnya.

Sementara Danlantamal XIV Sorong, Amir Faisol mengatakan bahwa dirinya merasa kagum akan sejarah Tidore yang dikenal dengan kekuatan kemaritimannya. Tidore juga memiliki keistimewaan akan budaya dan sejarahnya. “Tidore mempunyai cerita sejarah yang sudah cukup lama kami dengar. Tidore memberikan kesan tersendiri bagi kami, dengan cerita sejarahnya, merupakan suatu kebahagiaan bisa bersilaturahim ke Tidore,” ujarnya.

Amir Faisol mengatakan, tujuan kunjungannya selain bersilaturahim, juga melihat situasi keamanan laut di Maluku Utara yang merupakan wilayah kerjanya. Amir Faisol juga berharap masyarakat merasa aman karena di Maluku Utara mempunyai Pangkalan TNI Angkatan Laut di Ternate.

Setelah dari Kadaton, Danlantamal bersama rombongan juga berziarah ke Makam Pahlawan Nasional Sultan Nuku di Kelurahan Soasio, setelah itu ke Kantor Walikota dan selanjutnya kembali ke Ternate.

(ss/hms)

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments