Minggu, Juli 25, 2021
BerandaBupati Layangkan Surat Teguran Tegas Ke PT PGU
Array

Bupati Layangkan Surat Teguran Tegas Ke PT PGU

FAKTA PERS – MUARA ENIM.

Terkait adanya bencana penyempitan Sungai Enim di Desa Tanjung Lalang, Kecamatan Tanjung Agung, Kabupaten Muara Enim, yang disebabkan PT Pacific Global Utama (PGU). Bupati Muara Enim Ir. H Muzakir Sai Sohar akhirnya melayangkan surat teguran dengan Nomor 660.3/558/DLH- IV/ 2017.

Demikian dikatakan PLT. Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Muara Enim H. Asmawi MT melalui Kabid Penaatan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup Silfiana Devi S.T., M.Si., kepada Fakta Pers, Selasa (24/7).

Menurutnya, isi surat teguran tersebut sifatnya surat teguran tegas. Dimana pihak perusahaan diminta untuk mengembalikan kondisi Sungai Enim ke kondisi semula dari akibat kegiatan PT PGU dan PT PGU juga ditegur untuk melakukan kegiatan penambangan sesuai dengan Dokumen Lingkungan (Amdal) yang dimiliki oleh PT PGU dan juga melakukan penambangan ramah lingkungan sesuai perundang-undangan yang berlaku.

Apabila surat teguran Bupati tersebut yang didalamnya ada poin yang harus dilakukan oleh perusahaan sesuai dengan limit waktu yang disepakati tidak diindahkan oleh perusahaan, maka pihak pemerintah akan mengirimkan surat teguran pemaksaan untuk merealisasikan poin yang sudah dianjurkan tersebut. Dan seandainya juga surat pemaksaan itu masih tidak diindahkan. Maka akan dilakukan tindakan pembekuan izin perusahan tersebut.

Selain itu, disinggung dari hasil pihak DLH ke lapangan kata dia, bahwa memang benar adanya penyempitan Sungai Enim. Dimana dugaan pihak DLH, hal ini dikarenakan adanya penumpukan material tanah atau lokasi disposal yang menahan beban berat yang akhirnya menyebabkan pergerakan tanah dan berpengaruh pada Sungai Enim yang mengalami penyempitan.

“Namun, permasalahan ini sudah dibawa ke rapat di Dinas Pertambangan Provinsi Sumsel yang juga dihadiri oleh pihak terkait untuk membahas masalah ini dan upaya-upaya serta arahan-arahan yang akan dilakukan,” tuturnya.

(Sukri)

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments