Senin, Agustus 2, 2021
BerandaDiduga Proyek Gagal, Menelan Anggaran Lebih dari Rp. 9 Miliyar, Umur Sebulan...
Array

Diduga Proyek Gagal, Menelan Anggaran Lebih dari Rp. 9 Miliyar, Umur Sebulan Sudah Rusak

FAKTA PERS – MANDAILING NATAL

Salah satu proyek bernilai miliaran rupiah untuk pemeliharaan/pengerukan Jaringan Irigasi Batang Gadis di Jalan Lingkar Timur, Kecamatan Panyabungan, Kabupaten Mandailing Natal boleh dikatakan sebagai ‘Proyek Gagal’.

Pasalnya, belum genap berumur  satu bulan sudah terlihat mulai rusak. Hal ini terlihat dari kondisi bangunan Dek Irigasi yang sudah mulai retak-retak dan pengerukan dikerjakan dengan asal jadi. Sendimen pengerukannya hanya digeser ke bagian bibir irigasi.

Pantauan Fakta Pers di lokasi pada Selasa (4/7), sejumlah item pekerjaan pada proyek yang dikerjakan tahun 2017 ini antara lain, pembangunan Dek penahan yang berkisar 50 meter di pinggir irigasi Batang Gadis setinggi kurang lebih 1,5 meter itu terlihat sudah retak-retak.

Selain itu, pengerukan sendimen irigasi tersebut tidak dibuang ke tempat pembuangan. Sendimen hanya digeser ke pinggir irigasi yang tidak mungkin akan kembali ke irigasi lagi. Sehingga kuat dugaan, proyek pengerukan tersebut hanya menghabur-hamburkan anggaran negara.

Parahnya lagi, meski bangunan Dek penahan tergolong baru, namun kondisi bangunan kondisinya sudah terlihat cukup memprihatinkan.

Oleh karena itu, masyarakat Mandailing Natal meminta kepada Kejaksaan Tinggi Sumatra Utara agar turun ke lokasi untuk memeriksa atau mengaudit proyek rehabilitas Jaringan Irigasi Batang Gadis yang diduga syarat korupsi berjamaah oleh oknum-oknum pemborong dan pemgawas pekerjaan. (M Efendi) 

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments