Sabtu, Mei 8, 2021
BerandaMenpora RI Prihatin Dengan Wisata Air Pemandian Kalireco
Array

Menpora RI Prihatin Dengan Wisata Air Pemandian Kalireco

FAKTA PERS – MALANG.

Diperkirakan 17 km dari Kota Malang letak sumber air Kalireco yang berada di Desa Kalirejo, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang, Jawa Timur berada. Namun, areanya tidaklah seluas yang dipikirkan. Tetapi siapa sangka, salah seorang Menteri dari Kabinet Presiden Joko Widodo ternyata sangat menyukai tempat ini untuk mandi bersama keluarganya.

Dalam hal ini, posisi yang sebenarnya pemandian ini apabila ditata akan sangat indah dengan dikelilingi sawah terasering. Pengunjung turun melalui jalan setapak menuju kolam kecil dengan kandungan air mineral tinggi.

Bahkan, masyarakat sekitar area pemandian kolam Kalireco tersebut mengakui, bahwa air yang mengalir berasal dari sumber air itu digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Sementara, mereka juga langsung meminum air tersebut meski tidak dimasak terlebih dahulu.

Dikatakan Menteri Pemuda dan Olah Raga Republik Indonesia (Menpora RI), Imam Nahrowi, bahwa kolam Kalireco yang berada di bawah sumber air tersebut harus dikelola dengan baik. Namun dengan kondisi saat ini, dia sangat prihatin dan menyayangkan bila Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang tidak menyentuhnya.

“Sumber air yang mengalir di kolam ini sangat jernih, kandungan airnya juga baik untuk kesehatan. Makanya, di dekat sini ada perusahaan yang menggunakan bahan baku air ini untuk infus,” kata dia, saat berenang di kolam Kalireco, Sabtu (01/07/2016), sore hari bersama masyarakat.

Menurut dia, meskipun area lahan yang tidak terlalu besar, namun kondisinya masih alami. Sementara, apabila salah seorang investor mengetahui hal tersebut dipastikan akan tertarik untuk mengelolanya.

Menpora menegaskan, aparat pemerintah yang terdekat yakni kepala desa dan camat sudah seharusnya tanggap dengan kondisi tersebut untuk lebih memerhatikan wisata air yang selama ini sudah dinikmati oleh masyarakat.

“Kalau dicermati, pengunjung tempat wisata ini, meskipun kecil, dari luar Malang juga banyak. Salah satunya dari Surabaya, dan keluarga Saya juga sangat suka mandi dan main disini. Untuk itu, kepala desa dan camat harus peduli dan tanggap untuk segera datang bupati, tindak lanjutnya harus segera mengelola tempat yang indah ini,” pungkas dia. (Putut)

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments