oleh

Ormas Gibas Demo SMKN I Purwakarta Terkait PPDB

-Daerah-259 views

Fakta Pers – Purwakarta.

Ratusan Anggota Ormas GIBAS melakukan aksi demo di SMKN I Purwakarta, Jawa Barat, kamis (13/7). Mereka mempertanyakan proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SMKN I, yang disinyalir terdapat kejanggalan masalah kuota 30% untuk jalur non akademis.

Ketua Gibas Purwakarta, Hari Kristiawan mengungkapkan pihaknya mensinyalir ada kejanggalan dalam PPDB di SMKN I Purwakarta untuk jalur non akademis. “Kami mensinyalir terdapat kenjanggalan kuota PPDB jalur non akademis sebesar 30%. Apakah diantara 30% itu sudah tepat sasaran atau belum, kami mensinyalir adanya kebijakan tidak sesuai dengan aturan. Diantaranya jalur SKTM maupun prestasi, kami menduga adanya transaksional disitu,” ujarnya.

Setelah melakukan pertemuan, kata dia, ada kesepakatan bahwa pihak sekolah akan memperlihatkan bio data siswa yang masuk jalur non akademis yang 30%. “Kami akan melakukan cross cek dilapangan, apabila nanti ditemukan ada kesalahan aturan. Ternyata ada siswa yang masuk menggunakan SKTM padahal orang kaya dan tidak sesuai peruntukannya, maka akan di anulir oleh pihak sekolah,” terang Hari usai demo.

Sementara, Plt Kepala Sekolah SMKN I Purwakarta, Jaka Slamet Riyadi menjelaskan pihaknya akan mengakomodir, peraturan PPDB agar lebih baik kedepan. “Pada prinsipnya, mereka ingin mengetahui hasil seleksi secara detail. kemudian sosialisasi PPDB lebih ditingkatkan dan lebih luas, sejumlah perwakilan organisasi masyarakat dan lingkungan setempat diberikan penjelasan,” jelasnya.

Ia menambahkan pihaknya sangat terbuka terhadap masukan dan saran dari siapapun. “Kesimpulan dari kita sekalian, semua masukan maupun saran akan kami tampung dan disampaikan kepada dinas pendidikan provinsi Jawa Barat,” kata Jaka.

Menurut, Ketua Panitia PPDB SMKN I Purwakarta, Aang Sabar N mengatakan sistem PPDB saat ini sudah sangat transparan, bisa dilihat secara online. “Ada dua model PPDB, non akademik 30% (afirmasi 20%, prestasi 10%) dan akademik 70%. TA 2017-2018 ini, SMKN I menerima siswa sesuai kuota sebanyak 828 siswa, untuk sembilan jurusan,” pungkasnya. (rom)

Komentar

News Feed