oleh

Papan Proyek Tak Ada Nilai Proyek dan di Paku di Pohon Mendapat Sorotan Aktivis Lingkungan

-Daerah-286 views

Fakta Pers – Purwakarta.

Pelaksanaan pekerjaan peningkatan Jalan Sadang-Bts Purwakarta, Jawa Barat mendapat sorotan dari aktivis Lingkungan Hidup. Pasalnya, papan proyek pekerjaan proyek dipaku di pohon secara sembarangan.

Ketua LSM Amarta Purwakarta, Tarman Sonjaya menegaskan pemasangan papan proyek peningkatan jalan provinsi sadang-Bts Purwakarta dengan cara dipaku di pohon tidak mencerminkan perhatian terhadap lingkungan yang berkesinambungan. “Pohon bisa rusak kalau dipaku, dalam waktu tertentu bisa mati. Bahkan Pohon termasuk yang dilindungi,” ucapnya.

Selain itu, kata dia, pohon tersebut akan lebih mudah tumbang. “Akibatnya, dapat membahayakan bagi keselamatan masyarakat. Pengguna jalan akan terancam keselamatannya saat melintasi jalan tersebut. Disisi lain, mengurangi estetika dan keasrian serta manfaat bagi alam,” jelas Tarman di lokasi proyek, Senin (24/7).

Ia pun meragukan komitmen pihak kontraktor terhadap kelestarian lingkungan. “Ya masa sih, kontraktornya gak ada dana buat pasang papan proyek menggunakan tiang penyangga yang dipasang ditempat strategis sehingga masyarakat mudah melihat. Apa sih susahnya, sederhana tapi tidak etis,” tandasnya.

Ia juga mengaku ada keanehan dalam papan proyek tersebut, terkait tidak dicantumkannya nilai paket pekerjaan. “Masyarakat berhak tahu berapa nilai anggaran proyek peningkatan jalan tersebut, sebagai informasi kepada khalayak umum. Sehingga masyarakat tahu sekaligus bisa melakukan pengawasan,” pungkasnya. (rom)

Komentar

News Feed