oleh

Pekatnya Air Sungai Batang Limun dan Batang Asai Ancam Kehidupan Masyarakat Sarolangun

-Daerah-295 views

FAKTA PERS – SAROLANGUN.

Pekatnya air sungai yang tercemar mengancam kehidupan masyarakat di Muara Sungai Batang Limun dan Batang Asai yang ada di Desa Pulau Pandan berseberangan dengan Desa Muara Limun, Kecamatan Limun, Kabupaten Sarolangun, Jambi.

“Keruh dan pekat lumpur air yang mengalir di sungai seluas hambir 400 meter yang menjadi sumber kehidupan masyarakat yang ada di muara dan hilir sampai melintasi depan rumah Bupati Sarolangun,” ucap Sumi salah satu warga di pingir sungai tersebut, Sabtu (29/7/2017).

“Kami berharap pemerintah Kabupaten Sarolangun untuk memperbaiki sistem pengelolaan lingkungan hidup, sehingga aliran sungai yang menjadi kebutuhan masyarakat tidak terkontaminasi oleh sistem pengelolaan lingkungan yang tidak beraturan, sehingga berdampak pada keberlangsungan masyarakat banyak yang membutuhkan air sungai yang bersih,” ujarnya.

“Masa kini tinggal di pinggir sungai yang besar air harus beli. Pemerintah harus serius mengatasi masalah air sungai yang keruh pekat tidak layak konsumsi itu, karena akan berdampak luas, pada kehidupan yang berdampak luas pada kehidupan masyarakat yang sangat membutuhkan air yang bersih dan jernih untuk kebutuhan sehari hari,” jelasnya lagi.

Dia juga menambahkan bagi warga yang belum memakai PDAM dan tak mempunyai sumur terpaksa mandi dan memasak memakai air tersebut.

“Terkadang habis mandi badan terasa gatal gatal karna air seperti lumpur,” pungkasnya.

(Sanu Bulda)

Komentar

News Feed