oleh

Pemkab Bogor Akan Pidanakan Masyarakat Yang Membuang Sampah Sembarangan

-Daerah-260 views

FAKTA PERS – BOGOR.

Terkait banyaknya tumpukan sampah di pinggir jalan, Pemerintah Kabupaten Bogor akan pidanakan masyarakat yang membuang sampah sembarangan, demikian disampaikan Atis Tardiana selaku Kabid pengelolaan sampah Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bogor.

Atis melalui pesan Whatsapp mengatakan, “mengangkat sampah dari lahan kosong pinggir jalan yang dijadikan warga menjadi tempat pembuangan sampah, tidak menyelesaikan masalah, sehingga bulan Agustus mendatang akan diadakan tindakan semacam razia yang saat ini sedang dibahas bersama Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP),” ujar Atis.

Dia menjelaskan, dalam melakukan tindakan, pihaknya akan menggunakan Perda Kab. Bogor No. 4 Tahun 2015 tentang ketertiban umum. Disebutkan dalam Pasal 9 ayat (2) setiap orang atau badan dilarang membuang sampah ke sungai, saluran, situ/danau dan mata air.

“Pasal 39 ayat (1) setiap orang dan/atau badan yang melanggar ketentuan pasal 9, dipidana dengan pidana kurungan paling lama 3 (tiga) bulan atau pidana denda paling banyak 50.000.000. (lima puluh juta rupiah),” tandasnya.

Atis juga menambahkan, selain perda ketertiban umum, pihaknya juga akan  menerapkan Perda Kab. Bogor No. 2 Tahun 2014 tentang pengelolaan sampah disebutkan dalam Pasal 63 huruf (b) setiap orang dilarang membuang sampah ke media lingkungan atau tidak pada tempat yang telah ditentukan dan/atau disediakan.

“Pasal 66 ayat (1) setiap orang yang melanggar ketentuan sebagaimana dimaksud dalam pasal 63, diancam pidana kurungan paling lama 6 (enam) bulan atau denda paling banyak 50.000.000. (lima puluh juta rupiah),” terang Atis.

Mengenai rencana tersebut, Atis menyampaikan harapannya kepada Fakta Pers agar ikut mensosialisasikan ke masyarakat, sehingga masyarakat tidak membuang sampah sembarangan. Salah seorang warga yang tidak bersedia identitasnya disebut menyampaikan, pidana yang akan diterapkan Pemkab. Bogor tidak akan menyelesaikan masalah, namun dirinya meminta agar Pemkab. Bogor menyediakan tempat sampah di pemukiman warga sehingga masyarakat tidak membuang sampah sembarangan.

(lu)

Komentar

News Feed