Kamis, Mei 13, 2021
BerandaPolres Buton Tetapkan Tersangka Ilegal Loging Jati Sampolawa Sebagai DPO
Array

Polres Buton Tetapkan Tersangka Ilegal Loging Jati Sampolawa Sebagai DPO

Kasatreskrim Polres Buton, Sulawesi Tenggara, Iptu Hasanuddin. (Foto: La Ode Ali)

FAKTA PERS – BUTON.

Satuan Reserse Kriminal (Reskrim) Polres Buton, Sulawesi Tenggara menetapkan tersangka ilegal loging kayu jati Sampolawa, Kabupaten Buton Selatan (Busel), Sehendra sebagai daftar pencarian orang (DPO) belum lama ini tepatnya satu minggu sebelum lebaran.

“Kita sudah tetapkan sebagai DPO sekitar satu minggu sebelum lebaran,” kata Kasat Reskrim Polres Buton, Iptu Hasanuddin saat dikonfirmasi, Kamis (6/7).

Lanjut dia, pihaknya saat ini tengah melakukan pengejaran terhadap Suhendra yang diduga berada di Makasar, Sulawesi Selatan. Menurutnya penetapan tersangka sebagai DPO karena pelaku tidak kooporatif terhadap penyidik Polres Buton untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

“Informasinya dia berada di Makasar dan saat ini anggota saya sedang lakukan pengejaran,” ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Satuan Reskrim Polres Buton, Iptu Hasanuddin mengungkapkan penetapan tersangka dilakukan setelah pihaknya melakukan lacak balak bersama Dinas Kehutanan Provinsi Sultra terhadap ratusan batang kayu jati Sampolawa yang diamankan beberapa waktu lalu di dua lokasi berbeda sebanyak 33 batang kayu dan tiga unit mobil jenishardtoph diamankan di Polsek Sampolawa. Termasuk pemasangan garis polisi di tumpukan 292 batang kayu jati berbentuk balok dengan panjang 2 meter dari lokasi tersebut.

Hasil lacak balak tersebut, diketahui ratusan kayu jati berasal dari hutan produksi Sampolawa, sebab menurut kepolisian saat ini sudah tidak ada wilayah hutan yang berstatus area penggunaan lain (APL) di Sampolawa. Begitu juga dengan izin pengolahan kayu di wilayah itu. (LOA)

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments