Minggu, Juli 25, 2021
BerandaPU SDA Kabupaten Malang Fokus Normalisasi Saluran Irigasi
Array

PU SDA Kabupaten Malang Fokus Normalisasi Saluran Irigasi

FAKTA PERS – MALANG.

Keberadaan saluran irigasi yang melintas di jalur perairan sawah merupakan sesuatu yang sangat vital di dunia pertanian, hal ini juga bertujuan untuk meningkatkan swasembada pertanian terutama di wilayah Kabupaten Malang.

Dikatakan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air (PU SDA) Kabupaten Malang Jawa Timur, Ir. Moch. Anwar, bahwa sebagian besar wilayah Kabupaten Malang diliputi oleh area pertanian, untuk itu kebutuhan air sangat diutamakan.

“Pengairan di jalur persawahan merupakan sarana vital untuk menunjang kegiatan swasembada pangan, jadi sangat diperlukan normalisasi saluran perairannya, supaya lebih lancar,” kata dia, Selasa (18/07/2017), saat kegiatan Bina Desa di Desa Patok Picis Kecamatan Wajak Kabupaten Malang.

Lebih lanjut diungkapkan olehnya, langkah untuk melaksanakan normalisasi saluran irigasi tersebut diantaranya pemasangan dan mengganti pintu air di setiap titik saluran air, yang berada di area persawahan dan melakukan rehabilitasi

Anwar menjelaskan, untuk saat ini ada beberapa dan tidak sedikit kondisi pintu air yang pisiknya memprihatinkan. Dan, dalam kondisi tersebut sangat berpengaruh tidak lancarnya aliran saluran irigasi.

“Untuk saat ini memang fokus normalisasi sungai dan saluran irigasi, jadi kita terjunkan Tim untuk memantau setelah itu mengganti semua pintu air yang sudah tidak berfungsi, supaya debit air bisa diatur,” tandas dia.

Sementara, Kepala Bidang Pembangunan PU SDA Kabupaten Malang Anang Udayana, menerangkan, upaya untuk mengoptimalkan debit air di pengairan irigasi sawah teknis sekaligus merehabilitasi jaringan irigasi yang rusak telah dianggarkan 10 miliar rupiah.

“Jaringan irigasi yang rusak saat ini bila diamati sudah mencapai sepanjang 62 kilometer, dan Kita fokus pada rehabilitasi jaringan irigasi teknis untuk mengurangi kebocoran air di saluran irigasi,” pungkas dia.

Seperti yang telah diketahui, dari data Dinas PU SDA Kabupaten Malang, jaringan irigasi teknis merupakan yang terbanyak dibandingkan irigasi semi teknis maupun irigasi sederhana. Total jaringan irigasi teknis sebanyak 64,39 persen dan mengairi sekitar 27.838 hektar dari total kebutuhan pengairan lahan sawah seluas 43.232 hektar. (Putut)

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments