oleh

Sejumlah Elemen di Malut Gelar Aksi Damai Untuk Palestina

-Daerah-226 views

FAKTA PERS – TERNATE.

Sebagai bentuk rasa kepedulian kepada Palestina, sejumlah elemen di Maluku Utara melakukan aksi turun ke jalan.
Aksi turun ke jalan yang dilakukan pada Kamis (27/7/2017) sore kemarin tepatnya di depan Masjid Al-Munawar, Kota Ternate.

Hal tersebut dalam rangka menggalang dana untuk disumbangkan ke Palestina sekaligus menitip pesan ke Pemerintah Pusat maupun masyarakat muslim di Indonesia dan dunia agar berdoa bersama untuk Palestina.

Dengan membentangkan spanduk serta membawa poster, pamflet yang bertuliskan dukungan pembebasan muslim Palestina, elemen yang tergabung ke dalam Aliansi Pemuda Malut yakni Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Kota Ternate, KAMMI Malut, Forum Silaturahmi Lembaga Dakwa Kampus (FSLDK) Malut, Bakomubin Malut, HMI Cabang Ternate, Badan Takmir Masjid (BTM) Al-Munawar serta beberapa komunitas dan organisasi yang ada di Maluku Utara ini, menyampaikan aspirasi, membagikan selebaran pernyataan sikap mereka kepada para pengguna jalan raya yang melintas atas tragedi kemanusiaan yang terjadi di Palestina.

Dalam orasinya, Aliansi Pemuda Maluku Utara mengutuk keras zionis Israil yang melarang kaum muslimin palestina beribadah di Masjid Al-Aqsa.

“Dalam sejarah dunia, pertama umat Palestina di larang melakukan aktifitas dalam masjid Al-Aqsa. Hal ini membuat umat islam tidak beribadah dengan bebas sebagaiman haknya yang telah di atur dalam piagam perserikatan bangsa-bangsa (PBB),” kata ketua LDK.

Sedangkan, Ketua KAMMI Ternate menyampaikan pada bulan belakangan ini, kaum Palestina dibantai habis-habisan, anak-anak kecil dibunuh, perempuan diperkosa, “ini artinya umat Islam dizalimi apakah kita harus tinggal diam,” katanya.

Tambahnya, Islam cinta damai, Islam itu bersaudara. Tidak mungkin umat Islam melakukan hal itu.

“Kita tidak akan bisa ke Palestina untuk berjuang sama-sama dengan mereka, hanya doa agar kaum muslimin di Palestina. Semoga Allah SWT memberi laknat kepada zionis Israil. Aamiin,” imbaunya.

Ketua BTM Masjid Al-Munawar Kota Ternate, H. Muksin Saleh Abubakar dalam kesempatan itu juga menghimbau kepada masyarakat Indonesia khususnya, dan masyarakat Maluku Utara untuk terus berdoa demi umat Palestina.

“Karena untuk membantu saudara kita di Palestina, tidak harus Islam tetapi cukup sebagai manusia,” tandasnya.

Sementara itu, untuk dana yang terkumpul pada hari pertama aksi solidaritas telah mencapai sekitar belasan juta lebih.

Berikut ini merupakan pernyataan sikap Aliansi Pemuda Maluku Utara untuk Palestina.

1. Aliansi Pemuda Maluku Utara sebagai masyarakat Indonesia menjujung tinggi perdamaian dan mengajak masyarakat Indonesia mengutuk keras Zionis Israel yang melakukan penutupan Masjid Al-Aqsa untuk shalat Jum’at dan shalat lima waktu. Dan penutupan masjid yang merupakan kiblat pertama umat Islam, menciderai hati nurani Islam dan melanggar kebebasan beribadah.

2. Aliansi Pemuda Maluku Utara mengutuk segala penjajahan dan kekerasan yang dilakukan oleh Zionis Israel terhadap warga Palestina. Zionis Israel juga pelangaran hak asasi yang diatur dalam pasal 1 ,3 dan 4 dalam deklarasi universal hak asasi ( DUHAM) yang dikeluarkan majelis umum PBB pada tanggal 10 Desember 1948 serta pasal 1 International Covenant On Civil end Political Rights (ICCPR) yang dikeluarkan oleh sidang majelis umum PBB pada tanggal 16 Desember 1966.

3. Aliansi Pemuda Maluku Utara untuk Palestina mengajak umat Islam di Indonesia untuk berempati serta berdoa untuk perjuangan saudara kita di Palestina. Khususnya perjuangan pembebasan Mesjid Al-Aqsa.

4. Aliansi Pemuda Maluku Utara untuk Palestina, masyarakat Indonesia bagian dari Palestina mengingatkan kepada pemerintah Indonesia melalui Presiden Joko Widodo menyatakan dukungan kemerdekaan Palestina. Baik secara materi maupun nonmateri sebagaimana telah di sampaikan pada Konferensi Asia Pasifik di Jakarta dan Bandung tangal 19-24 april 2015 dan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) OKI yang diselengarakan di Jakarta tangal 6-7 Maret 2016.

5. Aliansi Pemuda Maluku Utara untuk Palestina, mengajak seluruh lembaga ormas Islam di belahan dunia bersama-sama berjuang melindungi masjid Al-Aqsa kiblat pertama Islam. Dan berjuang melindungi Masjid Al-Aqsa. Sebagai mana firman Allah SWT dalam Qs. Al Isra; sejatinya, kekuatan tauhid itu tidak terbatas oleh dimensi tempat dan garis geografi.

Pantauan Fakta Pers, aksi yang dipusatkan didepan masjid Al-Almunawar, Kota Ternate itu mendapat pengawalan ketat dari pihak kepolisian. Aksi unjuk rasa berjalan tertib dan lancar.

(Abd. Rahim)

Komentar

News Feed