oleh

138 Tahanan LP Kelas III Sarolangun Dapat Remisi

-Daerah-241 views

FAKTA PERS – SAROLANGUN.

Sebanyak 138 orang warga binaan Lembaga Pemasyarakatan Klas III Sarolangun mendapatkan remisi umum di hari peringatan Proklamasi kemerdekaan Indonesia 2017 ini. Dan dua warga binaan dinyatakan bebas.

Kepala Lapas Klas III Sarolangun, Supriyadi, mengatakan pengurangan masa tahanan ini diberikan pada warga binaan yang berkelakuan baik dan displin mengikuti aturan. Selain itu ketentuan pemberian remisi juga diatur dalam Undang Undang dan Peraturan Presiden No.174/1999.

“Mereka yang disiplin, ikut aturan berhak mendapat remisi. Dan pemberian remisi ini ada aturannya dalam Undang Undang,” kata Supriyadi, Kamis (17/8).

Sebelumnya, lanjut Supriyadi, tercatat ada 153 warga binaan yang diusulkan untuk mendapatkan remis di hari Kemerdekaan Indonesia, namun hanya 138 yang dianggap memenuhi syarat.

Wakil Bupati Sarolangun, Hillatil Badri yang hadir untuk menyerahkan pemberian remisi secara simbolis dalam pidato Kemenkumham yang dibacanya, mengatakan pemberian remisi bukan merupakan bentuk kelonggaran agar narapidana segera bebas. Melainkan sebagai wujud tanggung jawab pelaksanaan program pembinaan.

“Bagi seluruh narapidana yang mendapatkan remisi, saya ucapkan selamat. Bagi yang bebas, saya berpesan, berjanjilah pada diri Anda sendiri untuk tidak mengulangi perbuatan melanggar hukum. Kembalilah kepada keluarga, dan jadilah anggota masyarakat yang baik,” katanya.

Lapas yang mulai dioperasikan pada awal Januari 2014 itu, saat ini dihuni sekitar 317 warga binaan dan juga narapidana. Sekitar 30 persennya adalah tahanan kasus narkoba. “Sisanya ada yang pelaku pencurian, tindak kekerasan, macam-macam,” kata Supriyadi. (sanu)

Komentar

News Feed