Minggu, Mei 9, 2021
BerandaAntisipasi Krisis, Pohon Sagu di Perdakan
Array

Antisipasi Krisis, Pohon Sagu di Perdakan

FAKTA PERS – HALMAHERA TENGAH.

Menurut UU Nomor 18 Tahun 2012, pangan merupakan hal yang sangat penting dan strategis bagi berlangsungan hidup umat manusia dan oleh sebab itu pangan di tetapkan sebagai bagian dari hak asasi manusia (HAM) yang penyelenggaraannya wajib di jamin oleh negara.

Pangan lokal merupakan makanan yang di butuhkan untuk memenuhi kebutuhan tubuh dengan jumlah yang berimbang antar kelompok pangan berdasarkan cita rasa, daya cerna dan daya beli masyarakat. Untuk itu, perlu dilakukan sosialisasi maupun gerakan secara terus menerus oleh setiap instansi terkait agar dapat memotifasi kesadaran masyarakat untuk dapat mengkonsumsi makanan yang beragam yang berbasis daya lokal.

Hal ini disampaikan anggota DPRD Halteng Ketua DPC Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Kabupaten Halmahera Tengah (Halteng), Hi Yunus Salideng kepada Fakta Pers Jumat, (25/8/17). Oleh karena itu Pemerintah Daerah bersama DPRD Halteng memperdakan pohon sagu sebagai potensi sumber daya lokal, hal ini juga mengantisipasi krisisnya negara serta daerah. Sebab, daerah kita ini sudah di landa dengan air bersih yang di kelola oleh Pemkab Halteng,” tandasnya.

Untuk itu kata dia, instansi terkait di minta secepatnya mensosialisasikan perda sagu tersebut kepada masyarakat Halteng agar tidak menebang lagi pohon sagu yang sudah di perdakan itu, sebab pola konsumsi pangan lokal perlu di sosialisasi kepada masyarakat untuk menumbuhkan sekaligus meningkatkan kesadaran masyarakat dan itu juga untuk meningkatkan kualitas hidup,” tegasnya.

Ia juga menghimbau kepada masyarakat agar tidak bergantung saja pada beras dan terigu karena kita tidak tahu kondisi negara kita ini sampai kapan mengimpor produk itu. Untuk itu, mengurangi konsumsi beras dan terigu perlu di lakukan dan ditingkatkan, kita harus berupaya mengembangkan sumber daya pangan lokal kita seperti sagu, jagung, ubi kayu, pisang dan ubi jalar dan lain-lain yang kini kita kelola setiap harinya dan berada di sekitar kita serta jumlahnya yang melimpah,” imbaunya.

Mulai saat ini, jangan menganggap enteng keberadaan komoditas kita, tapi marilah kita sama-sama menjaga sekaligus memperdayakan, karena apa yang di canangkan Pemerintah Daerah dan DPRD Halteng saat ini semuanya demi kemaslahatan masyarakat,” jelasnya. (Ode)

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments