oleh

Diduga Lakukan Pungli, Tangkap Kasek SDN 329 Suka Damai Mandailing Natal

-Daerah-291 views

FAKTA PERS – MANDAILING NATAL.

Diduga kegiatan Pungutan Liar (Pungli) dunia pendidikan khususnya di Kabupaten Mandailing Natal, Provinsi Sumatera Utara masih terjadi.

Salah satu sumber yakni orang tua murid yang tidak berkenan disebut namanya kepada awak media ini, Kamis (24/8) mengatakan,” diduga telah terjadi kegiatan pungli oleh pihak Kepala Sekolah Dasar Negeri (SDN 329) Suka Damai, Kabupaten Mandailing Natal.

Menurutnya, pihak sekolah tersebut meminta uang kepada setiap murid sebesar Rp. 100 ribu, untuk pembangunan toilet dan taman sekolah.

Selain itu diduga yang bersangkutan juga memungut pembayaran pembelian foto Presiden dan Wakil Presiden kepada setiap murid sebesar Rp. 1000. Bahkan ada indikasi korupsi akan pengunaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

Saya selaku orang tua murid sangat menyayangkan hal tersebut, dan bilamana dugaan itu benar terjadi, diharapkan agar Dinas Pendidikan Kabupaten Mandailing Natal dapat memberikan sanksi, begitu juga penegak hukum yang ada,” kata sumber.

Untuk menanggapi hal tersebut, sangat disayangkan Plt. Kadis Pendidikan Kabupaten Mandailing Natal tidak berhasil dihubungi melalui sambungan telepon untuk dimintai keterangannya.

Sebelum berita ini dipublikasikan, pihak Kepala Sekolah Dasar Negeri (SDN 329) Suka Damai juga tidak berkenan menjawab pertanyaan yang disampaikan awak media ini.

Perlu diketahui, sesuai pantauan wartawan Fakta Pers di lokasi selain telah terjadinya dugaan pungli tampak masih ada sejumlah siswa yang belajar di atas lantai (ubin).

Sementara Sekretaris Pemuda Lira Mandailing Natal, Syawaluddin ketika dimintai tanggapannya, kepada Fakta Pers mengatakan, agar instansi yang terkait khususnya Dinas Pendidikan agar menelusuri hal itu. Kalau dugaan itu benar agar yang bersangkutan diberikan sanksi begitu juga para penegak hukum agar memberikan tindakan hukum.

“Hal ini tidak menutup kemungkinan bagi sekolah yang lain begitu juga dengan instansi yang ada di Mandailing Natal, bila mana kegiatan pungli masih terjadi sangat diharapkan agar kiranya tim saber pungli bekerja dengan baik. Sehingga akan dapat memberikan efek jera bagi yang melakukan kegiatan pungli,” kata Syawal. (M Efendi)

Komentar

News Feed