Selasa, Mei 11, 2021
BerandaDinas Peternakan Kabupaten Malang Antisipasi Antrax
Array

Dinas Peternakan Kabupaten Malang Antisipasi Antrax

FAKTA PERS – MALANG.

Menjelang hari raya Idul Adha, dan hari Qurban, tahun ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang Jawa Timur memproteksi pendistribusian hewan ternak qurban dari daerah yang sudah lama memiliki penyakit-penyakit pada hewan ternak (endemis), seperti penyakit antrax.

Dikatakan Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kabupaten Malang Sudjono, bahwa pihaknya melakukan proteksi dan memfilter penyebaran penyakit pada hewan ternak seperti antrax dan penyakit menular lainnya.

“Saat ini Pemerintah Provinsi ( Pemprov) Jawa Timur sudah dilakukan proteksi dini di daerah perbatasan Jawa Tengah dengan Jawa Timur. Biasanya di daerah Ngawi sudah diprotek,” kata dia, Rabu (23/08/2017) sore.

Diungkapkan olehnya, pendistribusian ternak sapi dari Boyolali, Jawa Tengah yang pernah menjadi endemis antrax ini, sangat mengkhawatirkan. Sebab itu sebelum ternak masuk ke wilayah Jatim di Ngawi sudah di stop untuk pemeriksaan kesehatan hewan.

Sementara, dari arah selatan, Kabupaten Blitar dulu pernah juga ada antrax sehingga patut diwaspadai. Hal ini, merupakan salah satu upaya Pemkab Malang untuk menjaga peredaran hewan qurban yang bebas dari segala penyakit.

“Beberapa penyakit yang harus diwaspadai masyarakat saat membeli hewan ternak qurban, diantaranya, antrax pada sapi, sakit mata pada kambing dan hewan ternak yang lesu dan berkudis harus diteliti saat akan membeli ternak untuk berqurban,” ucapnya.

Ditegaskan olehnya, untuk target di hari raya Idul Adha nanti, belasan ribu ekor kambing dan sapi siap untuk disembelih. Dan terdapat 12 ribu ekor kambing dan 1100 ekor sapi yang akan diqurbankan oleh masyarakat Kabupaten Malang seperti pada tahun-tahun sebelumnya.

Yang pasti, diperkirakan dibanding tahun lalu, qurban tahun ini diperkirakan akan lebih banyak, karena harga kambing dan sapi menjelang lebaran qurban tahun ini relatif lebih murah,” pungkas Sudjiono.

(Putut)

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments