oleh

Dinas PMD Kota Tidore Gelar Rapat Koordinasi dan Evaluasi Tim POKJA

-Daerah-197 views

FAKTA PERS – TIDORE KEPULAUAN.

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kota Tidore Kepulauan menggelar Rapat Koordinasi dan Evaluasi Tim Kelompok Kerja (POKJA) Pos Pelayanan Terpadu ( POSYANDU) dan Pembentukan Kelompok Kerja Operasional (POKJANAL) di lingkup kota Tidore Kepulauan, Rabu ( 2/8).

Kegiatan yang diselenggarakan di Meeting Room Penginapan Seroja Kelurahan Soasio Kecamatan Tidore dibuka dengan resmi oleh Staf Ahli Bidang Hukum,Politik dan Pemerintahan Jamaluddin Badar, S.IP dihadiri oleh sejumlah Pimpinan SKPD, Para Camat, Kepala Puskesmas, dan Anggota kelompok Kerja Operasional Pembina Posyandu.

Jamaluddin Badar dalam sambutannya mengatakan Posyandu sebagai wadah peran serta masyarakat untuk menyampaikan dan mendapatkan transformasi informasi serta memperoleh pelayan kesehatan dasar, memiliki peran penting dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang terdekat dengan masyarakat. Mengingat begitu pentingnya peran Posyandu, maka penyelenggaraan kegiatan menyertakan aspek pemberdayaan masyarakat, perlu digalakan kembali secara konsisten.

Jamaluddin berharap Anggota Pokjanal Posyandu Kota Tidore Kepulauan sebagai unsur Pembina diharapkan lebih aktif berperan dalam rangka revitalisasi fungsi Posyandu sehingga dapat meningkatkan motivasi dan semangat kerja pengurus dan kader, membantu pemecahan masalah yang dihadapi, menggerakkan masyarakat, serta meningkatkan kualitas pencatatan dan pelaporan Posyandu. Dengan terbentuknya Pokjanal Posyandu di setiap Kecamatan dan di setiap kelurahan, maka seluruh program kegiatan di Posyandu dapat lebih terkoordinasi dengan baik, sehingga hasil yang dicapai lebih optimal.

Sementara Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Hamid Abdulah, S.IP mengatakan Posyandu adalah salah satu bentuk upaya kesehatan berbasis Masyarakat yang sudah menjadi milik Masyarakat serta menyatu dalam kehidupan serta budaya Masyarakat, keberadaan Posyandu sangatlah diperlukan dalam mendekatkan upaya promotif dan preventif kepada Masyarakat, utamanya terkait dengan upaya peningkatan status Gizi Masyarakat serta upaya kesehatan Ibu dan Anak. Olehnya itu, peran dan dukungan Pemerintah kepada Posyandu melalui Puskesmas sangatlah penting untuk memfasilitasi pelaksanaan berbagai kesehatan di Posyandu.

Hamid menambahkan tujuan dilaksanakannya kegiatan ini ialah mengintegrasi Program kerja dan Kegiatan SKPD berbasis Posyandu yang belum terorganisir untuk mewujudkan Masyarakat yang sehat, perpendidikan, serta sejahtera. Adapun peserta kegiatan ini dari SKPD Teknis dan Terkait, unsur PKK Kota, serta Organisasi Profesi dan Lembaga Swadaya Masyarakat. (ss/hms)

Komentar

News Feed