oleh

Disoal Penggunaan Air Oleh PDAM Kota Malang, Inilah Sikap Bupati Malang

-Daerah-211 views

FAKTA PERS – MALANG.

Soal penggunaan air oleh PDAM Kota Malang Jawa Timur yang mana titik sumber airnya berada di wilayah Kabupaten Malang, nampaknya menemui titik terang. Ini terjadi, karena Bupati Malang Rendra Kresna segera bertemu dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Malang.

“Saya paham, air itu untuk khalayak orang banyak. Dan, Saya menyambut baik langkah Pemkot Malang untuk mengadakan pertemuan, supaya masalah tidak berlarut-larut juga jangan ada menang-menangan,” kata Rendra, Jumat (04/08/2017).

Menurut dia, meski sudah rencana pertemuan dengan Pemkot Malang, ternyata masih belum ada informasi kapan pihak Pemkot Malang akan menemuinya. Sementara, untuk sekarang belum ada surat masuk ke meja kerjanya.

Sementara, data menunjukkan bahwa peningkatan kontribusi PDAM Kota Malang terhadap Pemkab Malang sudah seharusnya dilakukan. Selama ini, PDAM hanya membayar Rp 80 rupiah per meter kubik. Padahal, untuk mempertahankan sumber mata air dibutuhkan biaya cukup besar, termasuk perawatan dan menjaga kondisi lingkungan.

Lebih lanjut ditegaskan Rendra, pihaknya memberi waktu ke Pemkot Malang supaya segera memutuskan. Tentunya, keputusan atas kesepakatan bersama. Jika tidak, jangan salahkan Pemkab Malang apabila mengambil alih. “Jadi begini, kalau tidak mau kompromi. Yang jelas, Kami ubah sistemnya. Biar PDAM Kota Malang beli ke PDAM Kabupaten Malang. PDAM Kota Malang tidak berhak lagi mengelola langsung,” pungkas dia. (Tut)

Komentar

News Feed