Jumat, Juli 30, 2021
BerandaJelang Idul Adha, Bupati Purwakarta Sidak Pasar Hewan Pastikan Hewan Kurban Aman
Array

Jelang Idul Adha, Bupati Purwakarta Sidak Pasar Hewan Pastikan Hewan Kurban Aman

Fakta Pers – Purwakarta.

Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi melakukan sidak ke pasar hewan Ingon-ingon di Ciwareng, Kecamatan Babakan Cikao, Kabupaten Purwakarta, Senin (28/8). Sidak tersebut dilakukan untuk memastikan kesehatan hewan ternak sapi dan domba, agar aman dikomsumsi dan siap dijadikan kurban dalam Idul Adha mendatang.

Seusai sidak, Dedi Mulyadi menyampaikan ada standar khusus untuk memberi rasa aman bagi para konsumen dan meminimalisir penyakit berbahaya apabila dikomsumsi.

“Secara umum sapi-sapi disini cukup sehat, tetapi untuk kurban ada standar khusus yaitu yang giginya sudah copot itu bisa dikurbankan. Kita inginkan aman, makanya diberikan standar mutu tinggi untuk hewan yang dijual disini terutama untuk hewan kurban,” ujarnya.

Ia mengatakan hewan ternak sapi yang berasal dari purwakarta belum banyak akan tetapi untuk domba surplus. “Hewan ternak sapi dipurwakarta, memang belum sebanyak domba. Karena diperlukan keahlian tersendiri dalam mengembangkannya,” jelas Dedi.

Ditempat yang sama. Kepala Dinas Peternakan Purwakarta, drh. Sri Wiryasturati mengungkapkan permeriksaan hewan ternak yang masuk ke pasar ingon dilakukan sebanyak tiga kali. “SOP nya tiga kali pemeriksaan yakni, di depan pintu gerbang, selanjutnya sebelum masuk komplek pasar, lalu saat dipasar. Kita lakukan langkah itu, agar hewan ternak bebas dari penyakit,” jelasnya.

Selain itu, sambung Sri, di luar pasar ingon yang menjual hewan ternak, juga sudah rutin diperiksa sejak awal agustus lalu oleh petugas mobile. “Kita siapkan petugas mobile melakukan pemeriksaan, kita pantau terus setiap hari. Hingga hari ini, senin (28/8), 3.000 ekor domba dan 1.200 ekor sapi yang sudah diperiksa dan dinyatakan sehat,” ujar Sri.

Menurutnya, komsumsi hewan kurban untuk kabupaten Purwakarta sekitar 6.000 ekor domba, 1.200 ekor sapi dan 30 ekor kerbau. “Kami terus berkomunikasi dengan dinas di daerah penyuplai sapi untuk Purwakarta. Kami juga terus melakukan upaya menjamin hewan ternak di Purwakarta bebas dari penyakit,” pungkasnya. (rom)

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments