oleh

Kades Loleo Weda Diminta Tak Libatkan Diri Pekerjaan Proyek

-Daerah-208 views

FAKTA PERS – HALMAHERA TENGAH.

Kepala Desa Loleo Kecamatan Weda Selatan kabupaten Halmahera Tengah, Provinsi Maluku Utara, Alimasri Latenda, diminta oleh warga agar benar-benar dapat mempertanggungjawabkan jabatan sebagaimana tugas pokok dan fungsinya. Sebab, jabatan pemimpin yang melekat pada kades dilandasi komitmen dan motivasi pengabdian untuk membangun desa, bukan untuk memperkaya diri sendiri.

Terkait itu, warga berharap dalam pelaksanaan pembangunan di desa, pemerintah desa tidak tergila – gila terhadap pelaksanaan pekerjaan. lebih parah, jika kades justru terlibat langsung dalam mengurusi pekerjaan proyek, alias jadi pemborong.

Dirinya juga meminta kades tidak mencampur adukan urusan pemerintahan dengan bisnis. Untuk itu patut di sampaikan kepada Bupati Halteng M Al Yasin Ali agar  mengeluarkan surat edaran tegas kepada seluruh Kades tentang pengadaan barang dan jasa di desa. Karena menurutnya sejumlah Kades turut terlibat dalam pekerjaan fisik dana desa,” jelas warga yang enggan namanya disebutkan kepada Fakta Pers Selasa, (22/8/17).

Ia pun meminta agar Bupati melarang Kades meminjam perusahaan CV milik penyedia barang dan jasa untuk melaksanakan kegiatan di desanya. Pasalnya, Kades Loleo diduga telah melakukan hal itu, karena saat ini pekerjaan perehapan ringan Sekolah Dasar Negeri Loleo di kerjakan oleh Kades Loleo Alimasri Latenda.

Hal ini telah terjadi, untuk itu diminta Bupati bertindak sanksi tegas kepada Kades Loleo yang diduga telah melanggar ketentuan tersebut. Apalagi jika akibat pekerjaan tersebut membuat banyak tugas Kades Loleo lainnya berantakan,” ujarnya.

Warga berharap ke depan Pemerintah mengarahkan pengerjaan fisik desa dilakukan secara swakelola, kecuali pembangunan fisik yang rumit seperti pembangunan jembatan kerangka besi atau jembatan gantung,” pintahnya.

Karena menurutnya (warga) yang enggan namanya di publikasi ini pekerjaan swakelola bertujuan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan,” harapnya. (Ode)

Komentar

News Feed